Manajemen Pembelajaran Kewirausahaan dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Program Keahlian Bisnis di SMK Al Munawaroh Tempurejo Jember

FIRDAUS, M. MAWARID (2021) Manajemen Pembelajaran Kewirausahaan dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Program Keahlian Bisnis di SMK Al Munawaroh Tempurejo Jember. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
M. MAWARID FIRDAUS_0849119038.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran dirancang untuk menanamkan kompetensi, keterampilan dan nilai-nilai yang diperlukan dalam mengenali peluang bisnis, mengatur dan memulai usaha baru. Adapun Fokus Penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pengembangan Pembelajaran Kewirausahaan dalam meningkatkan mutu lulusan bagi siswa di SMK Al Munawaroh Tempurejo Jember? (2) Bagaimanakah pelaksanaan pengembangan pembelajaran dalam meningkatan lulusan bagi siswa di SMK Al Munawaroh Tempurejo Jember? (3) Bagaimanakah evaluasi pengembangan pembelajaran dalam meningkatan lulusan bagi siswa di SMK Al Munawaroh Tempurejo Jember? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Jenis deskriptif lapangan, Teknik pengumpulan data yang digunakan (1) Observasi semi partisipan, (2) Wawancara semi terstruktur, dan (3) Dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif Miles, Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah (1) Pengumpulan data, (2) Kondensasi Data, (3) Penyajian data (4) penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Berdasarkan Hasil Kesimpulan adalah: 1). Perencanaan pembelajaran kewirausahaan di SMK Al Munawaroh Tempurejo menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, serta perencanaan pembelajaran kewirausahaan mengacu pada silabus. Guru SMK Al Munawaroh Tempurejo Jember membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Komponen utama rencana pembelajaran kewirausahaan adalah tujuan pembelajaran kewirausahaan, materi pembelajaran kewirausahaan, metode pembelajaran kewirausahaan, sumber belajar, dan penilaian hasil pembelajaran kewirausahaan. 2) Pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan di SMK Al Munawaroh Tempurejo Jember dilaksanakan dalam bentuk teori maupun praktek. Lembaga SMK Al Munawaroh Tempurejo Jember bekerjasama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri. Siswa SMK Al Munawaroh melaksanakan praktek kegiatan kewirausahaan dan pelatihan yang dikembangkan oleh Guru pembimbing pembelajaran kewirausahaan. 3) Evaluasi pembelajaran Kewirausahaan di SMK Al Munawaroh Tempurejo Jember diukur dalam bentuk tes tertulis maupun lisan dari materi yang diberikan. Perencanaan pembelajaran kewirausahaan di SMK Al Munawaroh memfokuskan pada targert dalam menciptakan mutu lulusan yang mana siswa dapat membuka usaha sendiri berdasarkan kemampuan serta ilmu yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 10 Nov 2022 01:55
Last Modified: 10 Nov 2022 01:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14874

Actions (login required)

View Item View Item