Manajemen Pengembangan Kurikulum Pesantern Nurul Ulum Tegalwangi-Umbulsari-Jember

MUHLAS, NUR (2020) Manajemen Pengembangan Kurikulum Pesantern Nurul Ulum Tegalwangi-Umbulsari-Jember. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
NUR MUHLAS_08491 16005.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan pendidikan Islam di Indonesia khususnya pesantren dikenal sebagai pendidikan Islam tertua. Lembaga ini lahir dan berkembang karena tuntutan dan kebutuhan zaman. Hal ini dapat dilihat dari perjalanan sejarah, dimana pesantren terbentuk atas kesadaran akan kewajiban dakwah Islamiyah, yakni menyebarkan dan mengembangkan ajaran Islam, sekaligus mencetak kaderkader ulama atau da’i yang beriman dan bertaqwa. Dalam Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena Manajemen pegembangan kurikulum, karna memiliki peran yang sangat penting dalam mempersiapkan kegiatan pembelajaran di semua lembaga pendidikan. Salah satunya adalah Pesantren Nurul Ulum Umbulsari yang saat ini mengalami tantangan arus globalisasi dan modernisasi yang menyebabkan desakan untuk beradaptasi dengan tantangan yang ada yang di ikuti oleh perubahan pesantren diantaranya mengalami perkembangan yang signifikan dan bertahan pada kondisi yang ada. Penelitian ini mngambil Fokus penelitian: (1) Bagaimana untuk mendiskripsikan Kosep Perencanaan manajemen pengembagan kurikulum pesantren nurul ulum umbulsari? (2) Bagaimana untuk Mendiskripsikan Pola Pelaksanaan manajemen pengembagan Kurikukulum Pesantren Nurul Ulum Umbulsari? (3) Bagaimana untuk Mendiskripsikan model Evaluasi Manajemen Pengembangan Kurikukulum Pesantren Nurul Ulum Umbulsari? Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif dengan penerapan studi kasus, serta sumber data yang digunakan dengan perspektif fenominologis, dan pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, metode wawancara (interview), metode dokumenter. Sedangkan analisa datanya menggunakan Data Reduction, Data Display, Verivication, dan Conclucation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pola perencanaan manajemen pengembagan kurikulum Pesantren menghasilkan program kegiatan, strategi mengajar, dan juga sumber dana yang dimasukkan dalam perencanaan kurikulumnya. (2) konsep Pelaksanaan manajemen pengembangan Kurikulum ini dilaksanakan seluruh santri wajib mukim dipesantren, mengikuti kegiatan pesantren. seperti: sholat berjamaah, pebacaan yasin dan tahlil, pembacaan burdah dan pengajian kitab kuning dll. (3) model Evaluasi manajemen pengembangan Kurikulum ini dilakukan tiga bulan sekali dan juga persemester.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 10 Nov 2022 01:33
Last Modified: 10 Nov 2022 01:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14875

Actions (login required)

View Item View Item