Kepemimpinan Kiai dalam Pemberdayaan Usaha Masyarakat di Pesantren Rakyat Al Amin Sumberpucung Malang.

FANANI, ZAENAL (2020) Kepemimpinan Kiai dalam Pemberdayaan Usaha Masyarakat di Pesantren Rakyat Al Amin Sumberpucung Malang. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
ZAENAL FANANI_0841917028.pdf - Submitted Version

Download (11MB)

Abstract

Kiai sebagai pimpinan pondok pesantren merupakan figur sentral bagi para santri yang harus ditaati dan diteladani, perkembangan daur hidup pesantren bergantung pada keahlian dan tingkat kemahiran ilmu, kharisma serta keikutsertaan kiai dalam mengelola pesantren. Pada sisi lain kiai sebagai pemimpin masyarakat yang berperan sebagai sosok perubahan masyarakat sehingga peran kiai disamping sebagai sebagai seorang pemimpin, pengelola, pendidik, kiai juga sebagai seorang wirausahawan (entrepreneur) yang diharapkan dapat mengelola lembaga pendidikan pesantren dan masyarakat ke arah yang lebih baik. Pesantren memiliki tugas dan fungsi pokok sebagai lembaga pendidikan, dakwah dan pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan tentang :1) Peran kiai dalam pemberdayaan usaha masyarakat, 2) Strategi kiai dalam pemberdayaan usaha masyarakat, dan 3) Pola komunikasi kiai dalam pemberdayaan usaha masyarakat di Pesantren Rakyat Al Amin Sumberpucung Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi partisipasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan; 1) Peran kiai dalam pemberdayaan usaha masyarakat meliputi a) Peran kiai sebagai pendiri dan pengasuh pesantren antara lain adalah; peran sosial dan dakwah dalam rangka perbaikan akhlak masyarakat, peningkatan pendidikan dengan membuka sarana bimbingan belajar dan mengaji secara gratis, b) Peran kiai sebagai agent of change dalam melakukan perubahan adalah a) melakukan perubahan mindset masyarakat dari model masyarakat yang memiliki tradisi menyimpang dari aturan agama menuju masyarakat yang berperilaku baik, b) peningkatan SDM melalui berbagai pelatihan untuk merubah masyarakat yang memiliki pola pikir tradisional (kerja apa adanya) sehingga bisa mandiri secara ekonomi.2) Strategi kiai dalam pemberdayaan usaha masyarakat menggunakan strategi gerakan masyarakat dan strategi pemberdayaan masyarakat, 3) Pola komunikasi kiai dalam pemberdayaan usaha masyarakat di pesantren rakyat Al Amin Sumberpucung Malang menggunakan Tujuh pilar strategi komunikasi (Seven Pillars of Communication Strategy) berbasis surat Al Fatihah. Berdasarkan hasil tersebut temuan formal penelitian ini adalah kepemimpinan kiai dalam pemberdayaan usaha masyarakat melalui strategi gerakan masyarakat dan strategi pemberdayaan masyarakat berbasis komunikasi Al Fatihah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 10 Nov 2022 03:28
Last Modified: 10 Nov 2022 03:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14882

Actions (login required)

View Item View Item