Manajemen Kurikulum Berbasis Nilai-Nilai Spiritual Pesantren Lansia Darus Syifa’ Jombang

ABIDIN, ZAINAL (2020) Manajemen Kurikulum Berbasis Nilai-Nilai Spiritual Pesantren Lansia Darus Syifa’ Jombang. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
ZAINAL ABIDIN_0841917029.pdf - Submitted Version

Download (12MB)

Abstract

Pada usia senja lazimnya manusia masih ingin memperoleh pengakuan kejayaan dan prestasi masa lalu yang pernah dicapainya. Pergulatan antara kejayaan dan ketidakberdayaan diri merupakan situasi batin yang dialami lansia. Makin bertambah usia akan semakin tersiksa dirinya. Bila gejolak batin itu tak mampu diatasi, maka akan muncul gangguan kejiwaan seperti stres, putus asa ataupun mengasingkan diri dari pergaulan sebagai wujud dari rasa rendah diri (inferiority). Dalam kasus-kasus seperti ini, umumnya agama dapat difungsikan dan diperankan sebagai penyelamat. Sebab, melalui pengamalan ajaran agama, manusia usia lanjut merasa memperoleh tempat bergantung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan: (1) perencanaan kurikulum berbasis nilai-nilai spiritual pesantren lansia, (2) pelaksanaan kurikulum berbasis nilai-nilai spiritual pesantren lansia, (3) evaluasi kurikulum berbasis nilai-nilai spiritual pesantren lansia Darus Syifa’ Jombang. Ketiga fokus tersebut diteliti dengan pendekatan teori manajemen kurikulum yang dikemukakan Saylor, Alexander, dan Lewis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian fenomenologis dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan beberapa langkah, yaitu: kondensasi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Temuan penelitian ini adalah: (1) perencanaan kurikulum berbasis nilainilai spiritual pesantren menggunakan konsep desain yang berpusat pada santri. (2) pelaksanaan kurikulum berbasis nilai-nilai spiritual meliputi melaksanakan program kegiatan santri (harian, mingguan, bulanan dan tahunan), proses pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung, dan melakukan evaluasi. (3) evaluasi kurikulum berbasis nilai-nilai spiritual pesantren menggunakan model CIPP ( latar, masukan, proses, dan hasil)

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 10 Nov 2022 03:28
Last Modified: 10 Nov 2022 03:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14886

Actions (login required)

View Item View Item