Supervisi Akademik dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru di Madrasah Aliyah 2 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020

SALAMAH, MASHLAHATUS (2020) Supervisi Akademik dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru di Madrasah Aliyah 2 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
MASHLAHATUS SALAMAH_0849117023.pdf - Submitted Version

Download (19MB)

Abstract

Supervisi akademik merupakan peran srategis bagi kepala sekolah dalam melakukan fungsi manajemen dalam pengawasan (controlling), pembinaan dan pengembangan (development) bagi anggota organisasi. Supervisi akademik dengan kompetensi profesional guru mengisyaratkan salah satu upaya dalam meningkatkan kinerja guru yang berhubungan dengan dimensi supervisi pengajaran meliputi kompetensi guru, kepemimpinan guru serta evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan supervisi akademik dalam pengembangan kompetensi profesional guru di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2019/2020?, 2) Bagaimana pelaksanaan supervisi akademik dalam pengembangan kompetensi profesional guru di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2019/2020?, 3) Bagaimana evaluasi dan tindak lanjut supervisi akademik dalam pengembangan kompetensi profesional guru di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2019/2020?. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif dengan field research, penentuan subyek penelitian menggunakan purposive yakni dengan teknik pengambilan sumber data berdasarkan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumenter. Analisis data menggunakan teori Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman dengan data collection, data condesation, data display, dan conclusions. keabsahan data menggunakan kredibilitas data yakni dengan trianggulasi (sumber dan metode), member check, dan diskusi teman sejawat. Hasil penelitian ini adalah: 1) Perencanaan supervisi akademik dalam upaya pengembangan profesional guru di MAN 2 Jember tahun pelajaran 2019/2020 adalah merumuskan jawaban dari 5W 1H, yakni What: mengagendakan rapat diawal tahun ajaran baru, Why: dibuat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan guru, Who: kepala sekolah memberikan wewenang kepada waka kurikulum serta guru senior, When: supervisi akademik dilaksanakan tiap 1 semester satu kali (kondisional), Where: di dalam kelas atau di luar kelas, How: supervisi akademik dilaksanakan sesuai jadwal yang telah dibuat, 2) Pelaksanaan supervisi akademik dalam upaya pengembangan profesional guru di MAN 2 Jember tahun pelajaran 2019/2020 adalah dengan menggunakan pendekatan kolaboratif, menggunakan teknik individu dan kelompok, serta prinsip pelaksanaan supervisi akademik dengan prinsip aktif dan konstruktif, 3) Evaluasi dan tindak lanjut supervisi akademik dalam upaya pengembangan profesional guru di MAN 2 Jember tahun pelajaran 2019/2020 dengan menyimpulkan hasil kegiatan supervisi kepada guru dan menindaklanjuti atau follow up dari hasil evaluasi yang diperoleh dengan cara individu dan kelompok. Sehingga dapat ditemukan tindakan selanjutnya bagi guru yang mumpuni terus mengembangkan keprofesionalannya serta bagi guru yang kurang akan diberikan tindak lanjut, baik itu berupa workshop atau pelatihanpelatihan, ataupun yang lainnya yang bersifat kondisional.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 10 Nov 2022 03:28
Last Modified: 10 Nov 2022 03:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14891

Actions (login required)

View Item View Item