STRATEGI PENYALURAN DANA ZAKAT, INFAK, DAN SHADAQOH (ZIS) UNTUK PENDIDIKAN DI LEMBAGA AMIL ZAKAT (LAZ) AZKA AL BAITUL AMIEN JEMBER

Nabila, Wasyiroh (2022) STRATEGI PENYALURAN DANA ZAKAT, INFAK, DAN SHADAQOH (ZIS) UNTUK PENDIDIKAN DI LEMBAGA AMIL ZAKAT (LAZ) AZKA AL BAITUL AMIEN JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Wasyiroh Nabila_E20184043.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Wasyiroh Nabila, Dr. M. F. Hidayatullah, S.H.I, M.S.I., 2022 : Strategi Penyaluran Dana Zakat, Infak, Dan Shadaqoh (Zis) Untuk Pendidikan Di Lembaga Amil Zakat (LAZ) AZKA Al Baitul Amien Jember

Pendidikan sangat penting bagi anak-anak, namun banyak sekali anak-anak yang tidak bisa melanjutkan pendidikannya dikarenakan faktor ekonomi keluarga. Sehingga dengan begitu Lembaga Amil Zakat (LAZ) AZKA membuat suatu program beasiswa untuk pendidikan, dimana program ini memiliki fokus pada anak sekolah yang kurang mampu dalam menyelesaikan sekolahnya. Dalam program ini terdapat beberapa prosedur yang ada seperti menghafal do’a sehari-hari, menghafal surah-surah pendek yang nantinya diadakan penyetoran hafalan setiap seminggu sekali bagi anak-anak yang mendapat beasiswa, sehingga tidak hanya mendapat bantuan uang, namun juga mendapat ilmu keagamaan dan semangat untuk belajar.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana strategi penyaluran dana zakat, infak, dan shadaqoh (ZIS) yang di lakukan LAZ AZKA Al Baitul Amien Jember untuk pendidikan?, 2) Apa saja faktor penghambat yang terjadi di LAZ AZKA Al Baitul Amien Jember untuk menyalurkan dana zakat, infak, dan shadaqoh (ZIS) di pendidikan?. 3) Bagaimana solusi LAZ AZKA Al Baitul Amien Jember dalam menghadapi kendala-kendala yang terjadi?
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Menganalisis strategi penyaluran dana zakat, infak, dan shadaqah (ZIS) untuk pendidikan agar tepat sasaran. 2)Menganalisis kendala dalam strategi penyaluran dana zakat, infak, dan shadaqoh (ZIS) untuk pendidikan di Lembaga Amil Zakat (LAZ) AZKA Al Baitul Amien Jember. 3) Menganalisis terkait solusi dari kendala dalam strategi penyaluran dana zakat, infak, dan shadaqoh untuk pendidikan di Lembaga Amil Zakat (LAZ) AZKA Al Baitul Amien Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan, lokasi penelitian ini di Lembaga Amil Zakat AZKA Al Baitul Amien Jember. Dalam menentukan informan penelitian ini menggunakan teknik Purposive. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptiv normatif, sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Penelitian ini menghasilkan bahwa : 1) Strategi Lembaga Amil Zakat AZKA Al Baitul Amien menggunakan tahapan strategi yaitu: perumusan atau perencanaan, penerapan, dan evaluasi. 2) untuk Faktor yang menjadi penghambat yaitu pembelaan orang tua terhadap anak sehingga tidak mau mengikuti prosedur yang telah disepakati dengan alasan tugas yang diberikan sekolah sehingga tidak ada waktu untuk menghafal ataupun belajar mengaji. 3) untuk solusi yang dilakukan Lembaga Amil Zakat (LAZ) AZKA yang dilakukan ialah menyampaikan alasan-alasan terhadap orang tuanya mengenai persyaratan yang diberikan kepada anaknya, sehingga walimurid dapat mengerti.
Kata Kunci : Strategi, Penyaluran, Pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Mis Wasyiroh Nabila
Date Deposited: 14 Nov 2022 02:25
Last Modified: 14 Nov 2022 02:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14899

Actions (login required)

View Item View Item