STRATEGI PENYALURAN DANA ZAKAT LAZ RIZKI JEMBER UNTUK KETAHANAN PANGAN DI WILAYAH JEMBER (DESA SUMBER PINANG - PAKUSARI)

Bahri, Saiful (2022) STRATEGI PENYALURAN DANA ZAKAT LAZ RIZKI JEMBER UNTUK KETAHANAN PANGAN DI WILAYAH JEMBER (DESA SUMBER PINANG - PAKUSARI). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Saiful Bahri_E20184016.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Saiful Bahri,M. Saiful Anam M.Ag. 2022 : Strategi Penyaluran Dana Zakat LAZ RIZKI Untuk Ketahanan Pangan Di Wilayah Jember

Penyaluran dana zakat merupakan proses penyampaian atau memeberikan dana zakat dari amil zakat atau langsung dari muzakki itu sendiri. Ketahanan pangan sangat penting bagi masyarakat-masyarakat yang kurang mampu utamanya dalam hal yang berkaitan dengan ketahanan pangan, di wilayah Jember ini masih banyak sekali masyarakat yang kekurangan akan gizi yang baik karena faktor ekonomi. Sehingga dengan begitu LAZ RIZKI membuat suatu program yang berkaitan dengan ketahanan pangan,program ini bertujuan untuk membantu pengembangan gizi masyarakat utamanya masyarakat yang di wilayah Jember.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana strategi penyaluran dana zakat di LAZ RIZKI jember untuk ketahanan pangan di wilayah jember?, 2) Bagaimana implikasi penyaluran dana zakat di LAZ RIZKI Jember untuk ketahanan pangan di wilyah Jember (Desa Sumber Pinang-Pakusari?
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Menganalisis strategi penyaluran dana zakat LAZ RIZKI Jember untuk ketahanan pangan. 2) Menganalisis implikasi penyaluran dana zakat di LAZ RIZKI Jember untuk ketahanan pangan di wilyah Jember (Desa Sumber Pinang-Pakusari)
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan, lokasi penelitian ini di LAZ RIZKI Jember. Dalam menentukan informan penelitian ini menggunakan teknik Purposive. Teknik pengumpulan data dengan wawancara serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptiv normatif, sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Penelitian ini menghasilkan bahwa : 1) Strategi LAZ RIZKI Jember menggunakan tahapan strategi yaitu: perumusan strategi, penerapan strategi, dan evaluasi strategi. 2) Implikasi dari implementasi penyaluran dana zakat LAZ RIZKI Jember melalui program yang berkaitan dengan ketahanan pangan sangatlah luar biasa dikarenakan sesuai dengan tujuan utamanya yaitu dapat merubah kehidupan masyarakat dari segi ekonomi yang buruk menjadi lebih baik serta membangun kesadaran masyarakat untuk senantiasa mengingat bahwa gizi yang baik sangat diperlukan.

Kata Kunci : Strategi, Penyaluran, Kentahan pangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Mr Saiful Bahri
Date Deposited: 14 Nov 2022 02:28
Last Modified: 14 Nov 2022 02:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14901

Actions (login required)

View Item View Item