BUDAYA HUKUM VS MEDIASI YUDISIAL TELAAH SOSIOOGI HUKUM TERHADAP PRILAKU PERCERAIAN

SOLIKIN, NUR and SALAM, NOR (2021) BUDAYA HUKUM VS MEDIASI YUDISIAL TELAAH SOSIOOGI HUKUM TERHADAP PRILAKU PERCERAIAN. CV. ISTANA AGENCY, YOGYAKARTA. ISBN 978-623-6226-50-6

This is the latest version of this item.

[img] Text
BUDAYA HUKUM VS MEDIASI YUDISIAL.pdf

Download (936kB)

Abstract

Mediasi yudisial tidaklah berdiri sendiri tetapi ia sangat tergantung –salah satunya –pada budaya hukum masyarakat yang mengacu pada opini, sikap dan persepsi masyarakat sebagai usernya. Keterjalinan demikian ini yang menjadi fokus utama pembahasan di dalam buku ini.
Sebagai gambaran awal, pembahasan dalam buku ini diorganisir ke dalam 5 (lima) bab bahasan, diawali dengan bab pertama yang menekankan pada upaya awal menelusuri akan masalah pentingnya mengkaji budaya hukum pelaku perceraian kaitannya dengan mediasi yudisial. Pada bab ini pula disertakan peta kajian seputar tema yang penulis bahas.
Kemudian dilanjutkan dengan bab kedua yang difokuskan pada kajian seputar penjelasan terhadap konsep-konsep yang relevan dengan fokus kajian, yaitu seputar mediasi dan perceraian.
Sementara pada bab ketiga diuraikan tentang gambaran umum Pengadilan Agama Pasuruan sebagai salah satu pelaksana kekuasaan kehakiman di Indonesia.
Selanjutnya, bab keempat dijadikan sebagai pembahasan pokok yang mengulas budaya hukum pelaku perceraian serta relasinya dengan mediasi yudisial, dan diakhiri dengan bab kelima, yang menampilkan intisari pembahasan-pembahasan sebelumnya

Item Type: Book
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Dr. H. Nur Solikin
Date Deposited: 11 Nov 2022 07:11
Last Modified: 11 Nov 2022 07:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14914

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item