Strategi Segmenting, Targeting Dan Positioning (STP) dalam meningkatkan Jumalah Nasabah di BPRS Bakhti Sumekar Knator Cabang Jember Tahun 2020

Azizah, Fitri Nur (2020) Strategi Segmenting, Targeting Dan Positioning (STP) dalam meningkatkan Jumalah Nasabah di BPRS Bakhti Sumekar Knator Cabang Jember Tahun 2020. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Fitri Nur Azizah_E20161159.pdf

Download (2MB)

Abstract

Strategi pemasaran merupakan salah satu ujung tombak dari sebuah perusahaan, strategi pemasaran penting bagi setiap perusahaan terutama bagi para pemula. Tujuan dari strategi pemasaran adalah untuk menentukan dan mencapai tujuan organisasi dan mengimplementasikan misinya. Makna yang terkandung dari strategi ini adalah bahwa para manajer memainkan peran yang aktif, sadar dan rasional dalam merumuskan strategi organisasi. Fokus penelitian tersebut adalah 1).Bagaimana Strategi Segmenting, dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Bhakti Sumekar Kantor Cabang Jember Tahun 2020 ? 2).Bagaimana Strategi Targeting dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Bhakti Sumekar Kantor Cabang Jember Tahun 2020 ? 3).Bagaimana Strategi Positioning dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Bhakti Sumekar Kantor Cabang Jember Tahun 2020 ? Metode yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan dan jenis penelitian kualitatif, deskriptif dengan subjek penelitian menggunakan purposive s dan metode pengumpulan data dengan oberservasi,wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, untuk menguji data keabsahan data peneliti menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitain dalam penelitian ini adalah adalah sebagai berikut. 1.Strategi Segmenting, dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Bhakti Sumekar Kantor Cabang Jember Tahun 2020. BPRS Bakhti Sumekar dalam melakukan segmentasi pasarnya mengelompokkan dalam empat elemen yaitu giografis, demografis, psikiografik, dan berdasarkan perilaku. Dalam segementasi giografik BPRS Bati sumekar unit wilayah yaitu, ajung, tegal besar, jember kota, patrang dan kaliwates. demografik gender yaitu laki-laki dan perempuan, agama yaitu Islam dan Non Islam dan Jenis pekerjaan,pedang, petani, wiraswasta karyawan swasta tidak membedakan Ras dan pendidikan. 2.Strategi Targeting dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Bhakti Sumekar Kantor Cabang Jember Tahun 2020. dengan menggunakan 3 alternatif yaitu undifferentiated marketing, diffentiated marketing, dan concentiated marketing . akan tetapilebih kepada undifferentiated marketing , marketing tetap menggunakan konsep 5C yaitu charakcter, Capacity, Capital, Collateral dan Condition of Ekonomic agar tidak terdapak resiko terutama dalam hal pembiayaan.3.Strategi Positioning dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Bhakti Sumekar Kantor Cabang Jember Tahun 2020. dengan pendekatan Brand syariah dengan prinsip kepercayaan dan amanah dalam menjalankan usahanya. dan juga menciptakan produk ATM tampa tabungan atau yang disebut dengan cardless Kata kunci :Strategi Segmenting, Targeting dan Positioning (STP)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 25 Feb 2021 02:43
Last Modified: 25 Feb 2021 02:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1494

Actions (login required)

View Item View Item