PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 13 JEMBER TAHUN AJARAN 2021/2022

SILVIA, SILVIA (2022) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 13 JEMBER TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SILVIA_T20181205.pdf

Download (3MB)

Abstract

Silvia, 2022: Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Youtube Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama 13 Jember Tahun Ajaran 2021-2022.
Kata Kunci: Pemanfaatan, Media Pembelajaran, Youtube.
Belajar merupakan proses manusia untuk mencapai berbagai macam kompetensi, keterampilan dan sikap. Belajar dimulai sejak manusia lahir sampai akhir hayat. Kemampuan manusia untuk belajar merupakan karakteristik penting yang membedakan manusia dengan makhluk hidup lainnya. Belajar mempunyai keuntungan, baik bagi individu maupun bagi masyarakat. Bagi individu, kemampuan untuk belajar secara terus-menerus akan memberikan kontribusi terhadap pengembangan kualitas hidupnya.
Adapun fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana pemanfaatan media pembelajaran audio-visual berbasis Youtube terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 13 Jember? 2) Bagaimana hambatan media pembelajaran audio-visual berbasis Youtube terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 13 Jember? 3) Bagaimana Evaluasi media pembelajaran audio-visual berbasis Youtube terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 13 Jember?
Tujuan penelitian ini bertujuan 1) untuk mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran audio-visual berbasis Youtube terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 13 Jember 2) untuk mendeskripsikan hambatan media pembelajaran audio-visual berbasis Youtube terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 13 Jember 3) untuk mendeskripsikan Evaluasi media pembelajaran audio-visual berbasis Youtube terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 13 Jember.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan peneltitian kualitatif yang bertujuan bagaimana cara memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian.
Hasil dari penelitian ini adalah : 1) pemanfaatan media audio visual berbasis youtube berjalan dengan baik dan mendapat respon baik pula oleh siswa-siswi dimana hal tersebut terlihat saat pembnelajaran berlangsung, 2) hambatan penerapan media audio visual berbasis youtube yakni Kurangnya pengetahuan guru terhadap teknologi, Kurangnya keterampilan guru dalam mengatur waktu dan membuat media pembelajaran, ataupun guru memiliki metode yang lebih efektif untuk digunakan dalam proses belajar mengajar sesuai dengan materi yang akan disampaikan, 3) Evaluasi media audio visual berbasis youtube berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SILVIA SILVIA
Date Deposited: 15 Nov 2022 06:52
Last Modified: 15 Nov 2022 06:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14943

Actions (login required)

View Item View Item