Strategi Marketing Produk Simpanan Tabungan Mudlarabah (TABAH) di KSPPS BMT NU Cabang Tlogosari Bondowoso

Rif, Qi (2022) Strategi Marketing Produk Simpanan Tabungan Mudlarabah (TABAH) di KSPPS BMT NU Cabang Tlogosari Bondowoso. Journal Economic. (Submitted)

[img] Text
Rifqi. E20191122. Jurnal Ekonomi.pdf

Download (235kB)

Abstract

Dalam lembaga keuangan bank maupun non-bank di Indonesia akan mendorong lembaga keungan untuk selalu mengoptimalkan pada kegiatan pemasarannya. Strategi pemasaran adalah suatu rencana penyaluran agar dapat mengaitkan kekuatan antara perusahaan dengan lingkungan dapat dicapai dengan baik. Pembahasan pada artikel ini tujuannya untuk mengetahui apa strategi pemasarannya dan bagaimana upaya yang dilakukan oleh KSPPS BMT NU Cabang Tlogosari dalam meningkatkan minat masyarakat pada produk simpanan tersebut. Penelitian ini metodenya menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Strategi yang digunakan oleh peneliti menggunakan wawancara terstruktur dan memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan tujuan penelitian dengan informan yang terkait pada pokok masalah yang sedang dihadapi yaitu perwakilan pengelola KSPPS BMT NU Cabang Tlogosari dan nasabah. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh KSPPS BMT NU Cabang Tlogosari dengan menggunakan marketing mix 11 berupa produk (product) terbilang lengkap, harga (price) sangat murah, tempat (place) dengan cara jemput bola, promosi (promotion) lebih kepada petugas lapangan dan brosur, orang (people) adalah karyawan laki-laki dan perempuan yang mengutamakan lulusan pondok pesantren, kepedulian (public relation) dengan memberikan denda yang diperoleh dari nasabah untuk disumbangkan kepada lembaga sosial, bukti fisik (physical evidence) dengan mendirikan kantor dan terdapat bukti transaksi, kekuasaan (power) dengan adanya jaringan yang kuat dan nasabah cukup banyak, tekanan (pressure) dalam bekerja karyawan harus menjalankan dengan tepat waktu dan penuh tanggungjawab, kinerja (performance) yamg anggun dan menetapkan siapa saja karyawan yang memiliki kinerja yang baik dinaikkan jabatannya begitupun sebaliknya, dan proses (process) yang baik, ramah, dan sopan akan memberikan kesan tersendiri bagi nasabah. Tingkat penggunaaan yang diterapkan oleh KSPPS BMT NU Cabang Tlogosari pada produk simpanannya menjadi lebih baik dan lebih meningkat dari minat masyarakat terutama Kecamatan Tlogosari. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi promosi dapat meningkatkan jumlah nasabah dalam waktu yang lebih cepat dan jangkauannya luas dengan memanfaatkan salah satu media yang ada.
Kata kunci: Strategi Pemasaran, Produk Simpanan Mudharabah

Item Type: Article
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mas riki uinkhasjember
Date Deposited: 14 Nov 2022 00:19
Last Modified: 14 Nov 2022 00:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14946

Actions (login required)

View Item View Item