Relasi Tokoh Agama dan Calon Kepala Desa Dalam Pemilihan Kepala Desa Mulyorejo Kecamatan Silo Kabupaten Jember

Maulidi, Moh Amin Risqi (2022) Relasi Tokoh Agama dan Calon Kepala Desa Dalam Pemilihan Kepala Desa Mulyorejo Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moh Amin Risqi Maulidi_D20181006.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pilkades merupakan kegiatan pemilihan kepala desa yang dianggap sebagai ajang demokrasi yang paling dekat dengan masyarakat desa. Berbagai elemen masyarakat desa ikut turut andil dalam menyukseskan pesta demokrasi ini, tak hanya golongan orang tua namun semua golongan ikut andil dalam kontestasi politik desa, seperti ada yang menjabat sebagai panitia pemilihan, tim sukses hingga menjadi calon kepala desa. Peneliti ingin melihat mengapa tokoh agama sering kali dilibatkan atau tokoh agama sering dikaitkan dengan kontestasi politik apa yang menjadi dasar para elit politik atau politikus melibatkan tokoh agama namun peneliti meneliti dengan skala yang lebih kecil yaitu kontestasi politik yang ada di Desa Mulyorejo. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Apa alasan para calon kepala desa melibatkan tokoh agama dalam pilkades tahun 2021 di Desa Mulyorejo? 2) Bagaimana cara membangun komunikasi antara kepala desa dengan tokoh agama dalam pilkades tahun 2021 di Desa Mulyorejo? 3) Apa dampak keterlibatan tokoh agama bagi para calon kepala desa dalam pilkades tahun 2021 di Desa Mulyorejo? Tujuan penelitian ini ialah : 1) untuk mendeskripsikan alasan para calon kepala desa melibatkan tokoh agama dalam pilkades di Desa Mulyorejo. 2) untuk mendeskripsikan cara calon kepala desa dalam membangun komunikasi dengan tokoh agama. 3) untuk mendeskripsikan dampak keterlibatan tokoh agama bagi para calon kepala desa.
Guna mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penentuan subjek penelitian menyesuaikan dengan fokus penelitian atau apa yang akan diteliti oleh peneliti. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) secara garis besar alasan keempat calon melibatkan tokoh agama beragam namun tentunya untuk menghimpun suara masyarakat. 2) Hubungan yang dibangun oleh calon kepala desa dengan tokoh agama menggunakan pendekatan – pendekatan secara masif dan dilakukan secara berulang – ulang. 3) Dampak keterlibatan tokoh agama tentunya menuai dampak positif maupun negatif seperti kekecewaan dan kepuasan yang dirasakan oleh keempat calon.
Kata Kunci : Relasi, Tokoh Agama, Calon Kepala Desa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Man Moh Amin Risqi Maulidi
Date Deposited: 15 Nov 2022 07:01
Last Modified: 15 Nov 2022 07:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14950

Actions (login required)

View Item View Item