Manajemen Sumber Daya Pendidik Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MTs Unggulan Nuris Antirogo Kab. Jember

ERWAN, MOHAMMAD (2020) Manajemen Sumber Daya Pendidik Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MTs Unggulan Nuris Antirogo Kab. Jember. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
MOHAMMAD ERWAN_0849116009.pdf - Submitted Version

Download (55MB)

Abstract

Madrasah sebagai salah satu organisasi/lembaga pendidikan saat ini masih dinilai sebagai lembaga yang memiliki skor akreditasi rendah dari berbagai sudut, termasuk dalam mutu pengelolaan dan pelayanan yang masih belum mampu menunjukkan sisi-sisi profesionalitas dalam memberikan kepuasan para pelanggannya Adapun Fokus penelitian ini ialah sebagai berikut: 1. Bagaimana analisis dan proyeksi kebutuhan dan penyediaan sumber daya pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan?. 2. Bagaimana rekrutmen sumber daya pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan?. 3. Bagaimana seleksi sumber daya pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan?. 4. Bagaimana orientasi dan penempatan sumber daya pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan?. 5. Bagaimana penilaian kinerja sumber daya pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan di madrasah nurul islam unggulan Jember? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan lebih mendalam tentang : 1 Bagaimana Analisis dan proyeksi kebutuhan, 2 Bagaimana Rekrutmen Sumberdaya Pendidik, 3 Bagaimana Seleksi Sumberdaya Pendidik, 4 Bagaimana Orientasi dan Penempatan Sumberdaya Manusia, 5 Penilaian Kinerja Sumberdaya Pendidik dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs. Unggulan Nuris Antirogo Kab. Jember. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui pengamatan, dimana peneliti berfungsi sebagai instrumen untuk melakukan observasi, wawancara mendalam dengan sumber data utama dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis interaktif melalui tiga kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh dengan kredibilitas yaitu perpanjangan pengamatan, melakukan pengamatan secara terus menerus dan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini : 1. Analisis dan proyeksi kebutuhan Sumberdaya pendidik telah dirancang dan disusun secara sistematis berdasarkan kebutuhan dan musyawarah bersama, 2. Pola rekrutmen dilakukan dengan terbuka dengan melihat dua sumber yaitu internal dan eksternal, 3. Pelaksanaan seleksi dinilai mendekati profesional karena melalui dua tahap yaitu tes administrasi serta tes wawancara dan tes psikologi, 4. Orientasi tidak dilakukan secara formal, serta memberi pembekalan kepada ustad baru, 5. Penilaian kinerja dilakukan dengan cara pertama, kepala pesantren melihat langsung pembelajaran. Kedua, catatan perilaku Pendidik. Ketiga, penilaian Pendidik berdasarkan musyawarah bulanan

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 14 Nov 2022 02:11
Last Modified: 14 Nov 2022 02:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14954

Actions (login required)

View Item View Item