Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Pembelajaran di Madrasah Aliyah Al Amiriyyah Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021

WAKHID, LUTFI (2021) Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Pembelajaran di Madrasah Aliyah Al Amiriyyah Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
LUTFI WAKHID_0849117020.pdf - Submitted Version

Download (2MB)

Abstract

Kondisi riil dan sarana prasarana lembaga yang mencukupi supaya kegiatan proses belajar mengajar dapat terlaksana secara efektif dan efisien. Pengadaan yang berkelanjutan sesuai dengan kebutuhan dan selalu tercukupi meskipun dibawah naungan yayasan sehingga peserta didik dapat merasakan sarana prasarana yang sesuai dengan standar nasional, mengingat pentingnya sarana dan prasarana pendidikan bagi kelancaran proses belajar mengajar maka perlu dilakukan upaya– upaya pengadaan, pemeliharaan dan inventarisasi. Fokus pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengadaan sarana dan prasarana dalam peningkatan mutu pelayanan pembelajaran di Madrasah Aliyah Al Amiriyyah Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021?, 2) Bagaimana pemeliharaan sarana dan prasarana dalam peningkatan mutu pelayanan pembelajaran di Madrasah Aliyah Al Amiriyyah Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021?, 3) Bagaimana inventarisasi sarana dan prasarana dalam peningkatan mutu pelayanan pembelajaran di Madrasah Aliyah Al Amiriyyah Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengadaan, pemeliharaan, serta inventarisasi sarana dan prasarana dalam peningkatan mutu pelayanan pembelajaran di Madrasah Aliyah Al Amiriyyah Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif, studi kasus, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu : (1) Observasi, (2) Wawancara, dan (3) Dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah yaitu : (1) Kondensasi data, (2) Menyajikan data, dan (3) Menarik kesimpulan atau verifikasi. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Adapun hasil penelitian adalah 1) Pengadaan Sarana dan Prasarana dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Pembelajaran, yaitu : a) Pengadaan prasarana bangunan, b) Pengadaan sarana alat pembelajaran, c) Pengadaan sarana media pembelajaran. 2) Pemeliharaan Sarana dan Prasarana dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Pembelajaran, dilakukan sesuai dengan kondisi sarana dan prasarana yaitu : a) Pemeliharaan sarana sekolah, b) Pemeliharaan prasarana sekolah. 3) Inventarisasi Sarana dan Prasarana dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Pembelajaran, ada 3 aktifitas kerja, yaitu : a) Pencatatan ke dalam buku Induk, b) Penomoran, dan c) Laporan/evaluasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 14 Nov 2022 02:45
Last Modified: 14 Nov 2022 02:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14961

Actions (login required)

View Item View Item