Partisipasi Kelompok Kerja Guru dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Sukorambi tahun pelajaran 2019/2020

WIYAH, JUHRO (2020) Partisipasi Kelompok Kerja Guru dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Sukorambi tahun pelajaran 2019/2020. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
JUHROWIYAH_0849116017.pdf - Submitted Version

Download (32MB)

Abstract

Kelompok Kerja Guru PAUD memiliki peran penting dalam pengembangan kurikulum anak usia dini. Kurikulum tersebut harus dirancang sedemikian rupa agar tetap berada dijalur yang sesuai dengan hakekat pendidikan usia dini, serta dilaksanakan melalui pendekatan yang sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangannya. Untuk mencapai hal itu, dibutuhkan tenaga guru/pendidik yang memahami betul konsep kurikulum anak usia dini dan pendekatan-pendekatan dalam mengembangkan kurikulum. Dengan kata lain dibutuhkan tenaga guru yang kompeten dan professional. Profesionalitas guru/pendidik usia dini setidaknya diharapkan memenuhi tiga standart, yaitu; standart kualifikasi, standart kompetensi dan standart sertifikasi. Penelitian ini difokuskan pada: (1) Bagaimana perencanaan program Kelompok Kerja Guru dalam pengembangan Kurikulum PAUD di Kecamatan Sukorambi Tahun pelajaran 2019/2020? (2) Bagaimana pelaksanaan program Kelompok Kerja Guru dalam Pengembangan Kurikulum PAUD di Kecamatan Sukorambi Tahun pelajaran 2019/2020? (3) Bagaimana evaluasi program Kelompok Kerja Guru dalam Pengembangan Kurikulum PAUD di Kecamatan Sukorambi Tahun pelajaran 2019/2020? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif-studi kasus (case-studies). Teknik pengumpulan datanya adalah dengan menggunakan metode observasi berperanserta (participant observation), wawancara mendalam (in depth interview) dan dokumenter. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan model Miles and Huberman. Sedangkan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan Program Kelompok Kerja Guru dalam Partisipasi Pengembangan Kurikulum PAUD di Kecamatan Sukorambi tahun pelajaran 2019/2020 adalah dengan melaksanakan rencana strategis dan rencana operasional melalui rapat koordinasi pengurus. Aktifitas yang dilakukan di dalamnya adalah menentukan tujuan, jadwal, anggaran dan prosedur. (2) Pelaksanaan Program Kelompok Kerja Guru dalam Partisipasi Pengembangan Kurikulum PAUD di Kecamatan Sukorambi tahun pelajaran 2019/2020 berupa penyusunan visi, misi, tujuan, program kegiatan, dan pelatihan pembuatan perangkat pembelajaran (prota, promes, RKM, dan RKH). yang dilaksanakan dengan mekanisme sesi atau kelompok. (3) Evaluasi Kelompok Kerja Guru dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Sukorambi tahun pelajaran 2019/2020 adalah dengan menggunakan metode musyawarah sebagai pertimbangan suatu periode kerja, jaminan cara kerja, dan perolehan data tentang kesulitaan, hambatan, dan penyimpangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 15 Nov 2022 06:46
Last Modified: 15 Nov 2022 06:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14965

Actions (login required)

View Item View Item