Nilai Pendidikan Karaker dalam Buku Man Shabara Zafira Karya Ahmad Rifa'i Rif'an

Nurjannah, Mita (2022) Nilai Pendidikan Karaker dalam Buku Man Shabara Zafira Karya Ahmad Rifa'i Rif'an. Undergraduate thesis, Uin Kiai haji Achmad Shidiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI MITA NURJANNAH.pdf

Download (850kB)

Abstract

ABSTRAK
Mita Nurjannah, 2022: Nilai Pendidikan Karakter dalam buku Man Shabara Zafira karya Ahmad Rifa’I Rif’an.
Kata kunci: Nilai, Pendidikan Karakter
Man Shabara Zafira. Buku yang ditulis oleh Ahmad Rifa’i Rif’an. Ia merupakan salah satu penulis muda produktif di Indonesia. Kini di usianya yang masih berkepala dua, dia telah menuliskan lebih dari 100 judul buku. Buku-bukunya menempati rak bestseller di Gramedia dan toko buku besar di Indonesia. Bahkan beberapa bukunya masuk dalam Top Ten Gramedia, 10 buku terlaris Gramedia se-indonesia. Man Shabara Zafira. Buku yang didalamnya menceritakan kisah nyata bagaimana pengusaha, karyawan, pelajar, atau petani yang sukses, hampir semua meraih kesuksesan dengan kesabarannya dalam bekerja. Kesabaran adalah modal dasar para pemenang. Kesabaran membuat kualitas orang-orang melejit berkali-kali lipat di banding orang yang tidak sabar.
Berdasarkan konteks penelitian di atas peneliti berupaya untuk mengungkapkan secara mendalam nilai pendidikan karakter dalam buku Man Shabara Zafira Karya Ahmad Rifa’i Rif’an. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: Bagaimanakah nilai pendidikan karakter dalam buku Man Shabara Zafira Karya Ahmad Rifa’i Rif’an?
Dari fokus penelitian yang telah ditentukan, maka tujuan dalam penelitian ini yaitu: Untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam buku Man Shabara Zafira Karya Ahmad Rifa’i Rif’an.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research).Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis yaitu dengan dokumentasi.Dokumentasi ini bisa berupa buku, catatan-catatan, foto, dan sebagainya.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis isi (content analysis).
Hasil penelitian ini yakni Nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku Man Shabara Zafira karya Ahmad Rifa’I Rif’an meliputi nilai karakter: 1) relegius, 2) disiplin, 3) kerja keras, 4) mandiri, 5) kreatif, 6) menghargai prestasi, 7) peduli social, dan 8) percaya diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahasiswa Mita Mita Nurjannah
Date Deposited: 17 Nov 2022 06:57
Last Modified: 17 Nov 2022 06:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14983

Actions (login required)

View Item View Item