Peran Guru Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Tunanetra di Sekolah Luar Biasa Negeri Patrang Jember

Mukaromah, Siti (2022) Peran Guru Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Tunanetra di Sekolah Luar Biasa Negeri Patrang Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI LAILATUL MUKAROMAH_D20173080.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Tunanetra
Kepercayaan diri merupakan suatu sikap positif yang dapat menjadikan seseorang yakin terhadap suatu tindakan yang dilakukannya tanpa adanya keragu-raguan. Setiap kepercayaan diri diperlukan oleh semua orang termasuk salah satunya pada anak berkebutuhan khusus tunanetra.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana proses dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa tunanetra di Sekolah Luar Biasa Negeri Patrang Jember? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa tunanetra di Sekolah Luar Biasa Negeri Patrang Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui proses dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa tunanetra di Sekolah Luar Biasa Negeri Patrang Jember. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa tunanetra di Sekolah Luar Biasa Negeri Patrang Jember
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam metode pengumpulan datanya dengan menggunakan teknik wawancara semi-terstruktur, observasi partisipatif moderat, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif model Miles dan Humberman dengan urutan langkah Kondensi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa: 1) Proses dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa tunanetra di SLB Negeri Patrang Jember yaitu dengan strategi pembelajaran yang tepat sesuai dengan kemampuannya, membiasakan bercerita sebelum pembelajaran dimulai, memberikan motivasi dan dukungan, mengikutsertakan pada perlombaan sesuai dengan bidangnya, memberikan pengarahan dan bimbingan. Dalam proses tersebut mengasilkan siswa tunanetra mempunyai sikap percaya diri yang baik. 2) faktor pendukung dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa tunanetra di Sekolah Luar Biasa Negeri Patrang Jember meliputi faktor internal dan faktor ekstrenal; faktor penghambat dalam meningkatkan percaya diri siswa tunanetra di Sekolah Luar Biasa Negeri Patrang Jember yaitu lingkungan sekitar, kurangnya kerjasama antara guru dan orang tua sehingga terjadi ketidakefektifan dalam memaksimalkan kemampuan siswa tunanetra untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa, dan Kondisi siswa tunanetra.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Lailatul Siti Mukaromah
Date Deposited: 17 Nov 2022 07:01
Last Modified: 17 Nov 2022 07:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14985

Actions (login required)

View Item View Item