ROHMAN JANUARI AWAN, 084113036 (2016) MANAJEMEN KURIKULUM DI SMA NEGERI 1 PAKUSARI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.
|
Text
ABSTRAK1.pdf Download (448kB) | Preview |
|
|
Text
cover.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (710kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (572kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (637kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (719kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (448kB) | Preview |
Abstract
Rohman Januari Awan 2016. Manajemen Kurikulum di SMA Negeri Pakusari
Jember Tahun 2015/2016.
Manajemen merupakan suatu kemampuan atau keahlian yang selanjutnya
menjadi cikal bakal manajemen sebagai suatu profesi. Manajemen sebagai suatu ilmu
menekankan perhatian pada keterampilan dan kemampuan manajerial yang
diklasifikasikan menjadi kemampuan / keterampilan teknikal, manusiawi dan
konseptual. Sedangkan pembelajaran adalah suatu proses belajar mengajar atau
interaksi guru dengan murid.
Dalam pelaksanaannya, manajemen kurikulum sangat diperlukan dalam
meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah seperti halnya manajemen kurikulum
yang diterapkan di SMAN Pakusari. Di sekolah tersebut, mutu pembelajarannya bisa
dikatakan optimal dalam mengaplikasikan manajemen kurikulum. Namun masih ada
beberapa hal yang masih perlu dikaji terkait dengan manajemen kurikulum di sekolah
tersebut.
Maka dari itu peneliti merumuskan pokok maslah sebagai berikut: (a)
Bagaimana perencanaan kurikulum di SMA Negeri 1 Pakusari Jember tahun
pelajaran 2015/2016?, (b) Bagaimana pengembangan kurikulum di SMA Negeri 1
Pakusari Jember tahun pelajaran 2015/2016?, (c) Bagaimana evaluasi kurikulum di
SMA Negeri 1 Pakusari Jember tahun pelajaran 2015/2016?
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (a) Untuk mendiskripsikan
perencanaan kurikulum di SMA Negeri 1 Pakusari Jember tahun pelajaran
2015/2016, (b) Untuk mendiskripsikan pengembangan kurikulum di SMA Negeri 1
Pakusari Jember tahun pelajaran 2015/2016, (c) Untuk mendiskripsikan evaluasi
kurikulum di SMA Negeri 1 Pakusari Jember Tahun Pelajaran 2015/2016
Selain itu, terdapat metodologi yang digunakan, untuk mengarahkan
penelitian, sehingga penggalian data tepat sasaran. Adapun metodologi penelitian
yang digunakan adalah: pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan
informan yaitu purposive sampling. Tekhnik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan teknik analisa datanya menggunakan
reduksi data, sedang penyajian datanya dengan menarik sebuah kesimpulan,
kemudian untuk memperoleh keabsahan data, digunakan teknik triangulasi sumber
sebagai pengujiannya.
Berdasarkan pokok masalah di atas, dan hasil penelitian di lapangan, dapat
disimpulkan bahwa (a) perencanaan kurikulum yang dilakukan adalah meliputi:
merumuskan tujuan kurikulum, memilih pengalaman belajar, menyusun kalender
pendidikan, memilih materi pelajaran, struktur kurikulum dan pengaturan beban
mengajar, penentuan standar nasional dan kelulusan, (b) pengembangan
kurikulumnya adalah pelaksanaan kurikulum nasional, kurikulum tingkat sekolah ,
pelaksanaan kurikulum tingkat kelas, kurikulum muatan lokal, ekstrakulikuler, (c)
evaluasi kurikulumnya adalah evaluasi masukan (input), evaluasi proses, evaluasi
produk atau hasil (output). adapun langkah yang dilakukan dalam evaluasi adalah: 1)
evaluasi awal, 2) evluasi formatif , 3) evaluasi sumatif dan 4) evaluasi jangka
panjang
Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined]) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MANAJEMEN KURIKULUM |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Masrur Rizqon |
Date Deposited: | 25 Oct 2017 02:14 |
Last Modified: | 25 Oct 2017 02:14 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/150 |
Actions (login required)
View Item |