Pengaruh Marketing Mix dan Kualitas Pelayanan terhadap loyalitas Nasabah BMT NU JAWA TIMUR Cabang Randuagung Kabupaten Lumajang

ROHMAN, ACHMAD TOYYIBUR (2020) Pengaruh Marketing Mix dan Kualitas Pelayanan terhadap loyalitas Nasabah BMT NU JAWA TIMUR Cabang Randuagung Kabupaten Lumajang. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
ACHMAD TOYYIBUR ROHMAN_0839217003.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

BMT NU Jawa Timur Cabang Randuangung Kabupaten Lumajang memiliki peningkatan nasabah yang konsisten semenjak berdrinya bulan september 2018. Dari data laporan jumlah nasabah hingga April 2020 nasabah berjumla 2.260 nasabah. hal ini bentuk usaha dan komitmen BMT NU Jawa Timur Cabang Randuangung Kabupaten Lumajang dalam melakukan pelayanan dan sistem pemasaran kepada angota mengunakan beberapa metode yang bertujuan untuk mendapatkan kenyamanan yang diinginkan nasabah dan anggotanya, sehingga nasabah itu menjadi loyal dalam menggunakan jasa jasa kuangan yang ada pada BMT NU Jawa Timur. Kemampuan jasa keuangan untuk memberikan kepuasan pada nasabah akan menguatkan kedudukan atau posisi lembaga keuangan dalam benak nasabah dengan pesaing sehingga lembaga BMT NU Jawa timur Cabang Randuangung Kabupaten Lumajang bisa bertahan dan lebih unggul dari pesaing. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh secara signifikan marketing mix (Produk, Harga, Lokasi dan Promosi) dan kualitas pelayanan secara parsial dan simultan terhadap loyalitas nasabah BMT NU Jawa Timur Cabang Randuagung Kabupaten Lumajang. Tujuanya adalah untuk menganalisa dan menguji pengaruh marketing mix (Produk, Harga, Lokasi dan Promosi) dan kualitas pelayanan secara pasrsial dan simultan terhadap loyalitas nasabah BMT NU Jawa Timur Cabang Randuagung Kabupaten Lumajang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan diskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuisioner/angket dan wawancara. Jumlah responden di BMT NU Jawa Timur Cabang Randuagung Kabupaten Lumajang sebanyak 96 responden. Teknik analisa yang digunakan adalah uji Validitas, Uji Realibilitas, Uji Regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan variabel produk tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan (Standardized Coefficients) 0,559, bernilai positif. Hasil analisis menunjukkan variabel harga tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan (Standardized Coefficients) 0,729 bernilai positif.. Hasil analisis menunjukkan variabel lokasi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan (Standardized Coefficients) 0,001 bernilai positif. Hasil analisis menunjukkan variabel promosi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan (Standardized Coefficients) 0,002 bernilai positif. Hasil analisis menunjukkan variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan (Standardized Coefficients) 0,000 bernilai positif. Dan Produk, Harga, Lokasi, Promosi dan Kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhdap loyalitas nasabah dengan hasil bahwa F hitung > F tabel atau 19,631 > 2,31 dan sig 0,000a < 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 16 Nov 2022 01:11
Last Modified: 16 Nov 2022 01:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15007

Actions (login required)

View Item View Item