PENGARUH PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII DI SMP 01 ISLAM JEMBER

MUNAWAROH, NAFISATUL (2022) PENGARUH PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII DI SMP 01 ISLAM JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
NAFISATUL MUNAWAROH-1.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep dan ke-mampuan berfikir kritis pada siswa di SMP 01 Islam Jember. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah proses pembelajaran yang kurang menekankan pa-da pemahaman konsep serta daya berfikir kritis pada siswa serta keterbatasan da-lam mengembangkan penggunaan model pembelajaran dan media pembelajaran. Salah satu alternatif yang diharapkan dapat menjadi solusi adalah dengan penera-pan model pembelajaran yang dapat memberikan peningkatan terhadap daya ber-fikir pada pengetahuannya dan menemukan ide-ide mereka sendiri dalam me-nyelesaikan sebuah permasalahan pada proses pembelajaran, yaitu dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan berban-tuan mind mapping sebagai media untuk melakukan percobaan.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: (1). Apakah ada pengaruh penerapan problem based learning (PBL) berbantuan mind mapping terhadap pemahaman konsep siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas VII di SMP 01 Islam Jember). (2). Apakah ada pengaruh penerapan problem based learning (PBL) berbantuan mind mapping terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas VII di SMP 01 Islam Jember. Tujuan penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu : (1). Untuk mengetahui Apakah ada pengaruh penerapan problem based learning (PBL) berbantuan mind mapping ter-hadap pemahaman konsep siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas VII di SMP 01 Islam Jember. (2). Untuk mengetahui Apakah ada pengaruh penerapan problem based learning (PBL) berbantuan mind mapping terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas VII di SMP 01 Is-lam Jember.
Penelitian ini adalah penelitian Quasi Experiment dengan rancangan non-equivalent control group design. Pengambilan sampel dari populasi menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu kelas VII A yang berjumlah 30 siswa sebagai ke-las eksperimen dan kelas VII B yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Independent Sample T-Tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Berdasarkan hasil uji-t pada pemahaman konsep siswa melalui nilai posttest diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,683 artinya H0 diterima dan H1 ditolak. Sehingga dapat di simpulkan tidak ter-dapat pengaruh dalam penerapan problem based learning (PBL) berbantuan mind mapping terhadap pemahaman konsep siswa. Dikarenakan terdapat kesalahan in-strument test yang berupa pilihan ganda biasa (2). Pada kemampuan berfikir kritis melalui nilai posttest memiliki nilai signifikansi 0,023 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Sehinga penerapan pembelajaran problem based learning (PBL) ber-bantuan mind mapping terhadap kemampuan kritis berfikir siswa lebih signifikan.
Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Mind Mapping, Pemahaman Kon-sep, Berfikir Kritis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Nafisa NAFISATUL MUNAWAROH
Date Deposited: 21 Nov 2022 01:52
Last Modified: 21 Nov 2022 01:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15008

Actions (login required)

View Item View Item