Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui Variasi Media dan Variasi Strategi di SMA Muhammadiyah 3 jember

AFIF, MIQDAD (2020) Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui Variasi Media dan Variasi Strategi di SMA Muhammadiyah 3 jember. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
MIQDAD AFIF_084 9316041.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan bukan hanya menyampaikan keterampilan yang sudah dikenal, tetapi harus dapat meramalkan berbagai jenis keterampilan dan kemahiran yang akan datang, dan sekaligus menemukan cara yang tepat dan cepat supaya dapat dikuasai oleh peserta didik. Sehubungan dengan hal tersebut salah satu langkah agar seorang guru dapat memiliki dan mengembangkan strategi belajar mengajar ialah harus menguasai pengetahuan yang cukup mengenai hakikat belajar termasuk di dalamnya mengenai model, strategi, metode dan media maupun teknik pembelajaran. Dari deskripsi singkat diatas, maka peneliti dapat merumuskan fokus dalam penelitian ini, yaitu: 1). Bagaimana Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui variasi media di SMA Muhammadiyah 3 Jember; 2). Bagaimana Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui variasi strategi di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini, yaitu: 1). Mendiskripsikan Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui variasi media di SMA Muhammadiyah 3 Jember; 2). Mendiskripsikan Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui variasi strategi di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Tesis ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumenter. Sedangkan metode analisis data mengguanakan kualitatif deskriptif dan uji keabsahan data atau validitas datanya menggunakan triangulasi sumber. Adapun hasil temuan dalam penlitian ini: pertama, variasi media yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam menggunakan media audio visual (latop dan lcd). Kedua, variasi strategi yang digunakan guru Pendidkan Agama Islam menggunakan strategi kooperatif, active learning, dan pembiasaan. Seperti pembiasaan salat duha dan berdoa sebelum pembelajaran dimulai.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 16 Nov 2022 01:25
Last Modified: 16 Nov 2022 01:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15009

Actions (login required)

View Item View Item