Metode AL- Targhib wa AL-Tarhib dalam Peningkatan Motivasi Belajar Santri di Pesantren Nurul Islam Antirogo Jember

PURNANINGSIH, NANIK (2021) Metode AL- Targhib wa AL-Tarhib dalam Peningkatan Motivasi Belajar Santri di Pesantren Nurul Islam Antirogo Jember. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
NANIK PURNANINGSIH_0849319066.pdf - Submitted Version

Download (11MB)

Abstract

Motivasi belajar adalah energi yang mendorong siswa bersemangat melakukan aktivitas belajar. Reward (Targhib) dan punishment (Tarhib) adalah teori syekh Al-zarnuji, dan teori behavoristik Thorndike. Dalam kegiatan belajar mengajarnya guru bisa menggunakan metode reward (targhib) dan punishment (Tarhib) untuk memacu motivasi belajar siswa. Reward diberikan karena siswa berprestasi, sedangkan punishment diberikan karena siswa melakukan pelanggaran. Dengan adanya kedua metode tersebut diharapkan siswa tidak akan bosan belajar di kelas serta menjadi motivasi belajar internalnya, sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai secara optimal. Fokus penelitian ini mengkaji metode Al- Targhib wa Al-Tarhib santri yang meliputi tiga pembahasan.yaitu: (1) Bagaimana perencanaan metode Al- Targhib wa Al-Tarhib dalam peningkatan motivasi belajar santri di Pesantren Nurul Islam Antirogo Jember. (2) Bagaimana pelaksanaan metode Al- Targhib wa Al-Tarhib dalam peningkatan motivasi belajar santri di Pesantren Nurul Islam Antirogo Jember. (3) Bagaimana evaluasi metode Al- Targhib wa Al-Tarhib dalam peningkatan motivasi belajar santri di Pesantren Nurul Islam Antirogo Jember. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu jenis kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini di Pesantren Nurul Islam Antirogo Jember. Penentuan informan menggunakan: Teknik pengumpulan data menggunakan: wawancara, dokumentasi, dan observasi. Adapun analisis data menggunakan empat kegiatan pengolahan yang berpedoman pada miles dan Hibberman yang meliputi: data coollection, data condensation, data display, and drawing and verifiying conclusion. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Perencanaan metode Al- Targhib wa Al-Tarhib dalam peningkatan motivasi belajar siswa di pondok pesantren Antirogo Jember, ada beberapa hadiah dan hukuman yang belum direncanakan, namun karena kebutuhan, sehingga metode tersebut diterapkan. Seperti hadiah (reward), Apabila santri yang mengikuti lomba tingkat kabupaten, biaya akan ditanggung pihak pondok, namun jika santri mendapatan juara piala dan uang, maka piala diserahkan ke pondok dan uangnya 10% diserahkan juga ke pihak pondok.adapun mengenai hukuman, santri yang mencuri atau berkelahi atau melanggar berulang-ulang, maka tahap awal anak dipanggil keamanan sebagai peringatan dan dinasehati, lalu jika mengulangi lagi perbuatannya ,maka anak akan diserahkan kepada kepala sekolah. Dan jika masih belum jera maka keputusan kan di serahkan ke pengasuh. (2) Pelaksanaan Al- Targhib wa Al- Tarhib dalam peningkatan motivasi belajar siswa di pondok pesantren Antirogo Jember, cukup berjalan dengan baik dan terlaksana, meskipun ada metode yang belum diterapkan sehingga perlu metode yang lain untuk mewujudkan motivasi belajar santri lebih baik lagi. dikarenakan prasarana yang kurang. (3) Evaluasi Al- Targhib wa Al-Tarhib dalam peningkatan motivasi belajar siswa di pondok pesantren Antirogo Jember, ditemukan ada metode hukuman yang menimbulkan efek jera , ada pula yang tidak, dan dengan hadiah dan hukuman ada peningkatan motivasi belajar santri.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 16 Nov 2022 02:04
Last Modified: 16 Nov 2022 02:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15012

Actions (login required)

View Item View Item