Pola Pembelajaran Akhlak di Pondok Pesantren Ra’iyatul Husnan Wringin - Bondowoso

FIRDAUS, MAHRUS (2021) Pola Pembelajaran Akhlak di Pondok Pesantren Ra’iyatul Husnan Wringin - Bondowoso. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
MAHRUS FIRDAUS_0849317031.pdf - Submitted Version

Download (10MB)

Abstract

Terdapat dua pola pembelajaran di pesantren ada yang besifat tradisional, yaitu pola atau metode pembelajaran yang diselenggarakan menurut kebiasaankebiasaan yang telah lama dipergunakan pada institusi pesantren atau merupakan metode pembelajaran asli (original) pesantren. Pola pembelajaran yang bersifat baru (modern/ tajdid) merupakan metode pembelajaran hasil pembaharuan kalangan pesantren dengan mengintrodusir metode-metode yang berkembang di masyarakat modern. Fokus dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana pola pembelajaran dalam membentuk akhlak tawadhu’ santri di Pondok Pesantren Ra’iyatul Husnan Wringin Bondowoso? dan 2) Bagaimana pola pembelajaran dalam membentuk akhlak istiqomah santri di Pondok Pesantren Ra’iyatul Husnan Wringin Bondowoso? Tujuan Penelitian ini yaitu : 1) Menganalisi pola pembelajaran dalam membentuk akhlak tawadhu’ santri di Pondok Pesantren Ra’iyatul Husnan Wringin Bondowoso. 2) menganalisis pola pembelajaran dalam membentuk akhlak iatiqomah santri di Pondok Pesantren Ra’iyatul Husnan Wringin Bondowoso. Pendekatan dalam penelitian menggunakan kualitatif, jenis penelitian case study (study kasus), subyek penelitiannya menggunakan Purposive, teknik pengumpulan datanya menggunakan Observasi, wawancara dan Dokumentasi, Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman serta keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Peneliti memperoleh kesimpulan ialah : 1) pola pembelajaran dalam membentuk akhlak tawadhu’ santri melalui penyampaian materi secara verbal melalui ceramah, tanya jawab, kisah, dan nasihat. 2) pola pembelajaran dalam membentuk akhlak istiqomah santri melalui pembudayaan nilai-nilai ke-Islaman dengan mengajak secara pelan-pelan melalui peraturan pondok sehari-hari, selain itu juga dilakukan pembinaan kedisiplinan ibadah, kedisiplinan belajar, kedisiplinan mengikuti kegiatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 16 Nov 2022 02:04
Last Modified: 16 Nov 2022 02:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15014

Actions (login required)

View Item View Item