Manajemen Pembiayaan Pendidikan Dengan Model Partisipasi Orang Tua Asuh Di SMA Nahdlatul Ulama 01 Kabupaten Bondowoso

PURWANTO, DIDIK (2020) Manajemen Pembiayaan Pendidikan Dengan Model Partisipasi Orang Tua Asuh Di SMA Nahdlatul Ulama 01 Kabupaten Bondowoso. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
DIDIK PURWANTO_0849118034.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Pembiayan pendidikan merupakan salah satu komponen masukan instrumental yang sangat penting dalam penyelengaraan pendidikan. Tidak ada kegiatan pendidikan yang dapat mengabaikan peranan keuangan maupun pembiayan, karena tanpa keuangan maka proses pendidikan tidak dapat berjalan secara optimal. pendidikan tidak akan dapat berjalan tanpa dukungan biaya. Fungsi pembiayaan tidak mungkin dipisahkan dari fungsi lainnya dalam pengelolaan sekolah. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa pembiayaan menjadi masalah sentral dalam pengelolaan kegiatan pendidikan Adapun fokus dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana transparansi pembiayaan Pendidikan di SMA NU 01 Kab. Bondowoso? 2. Bagaimana akuntabilitas pembiayaan pendidikan di SMA NU Kab. Bondowoso? 3. Bagaimana efektifitas pembiayaan Pendidikan di SMA NU 01 Kab. Bondowoso? Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk mendeskripsikan transparansi pembiayaan Pendidikan di SMA NU 01 Kab. Bondowoso. 2. Untuk mendeskripsikan akuntabilitas pembiayaan pendidikan Dengan di SMA NU 01 Kab. Bondowoso 3. Untuk mendeskripsikan efektifitas pembiayaan Pendidikan di SMA NU 01 Kab. Bondowoso Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Study Kasus, Teknik pengumpulan data yang di gunakan ( 1) Observasi semi partisipan, (2) Wawancara semi terstruktur, dan (3) dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model intraktif Miles Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah : (1) pengumpulan data, (2) Kondensasi data, (3) penyajian data dan, (4) penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Dalam penelitian ini adalah :1). Transparansi keuangan pembiayaan pendidikan dari orang tua asuh ke siswa asuh terlaksana dengan baik, sistematis dan memenuhi persyaratan pelaporan keuangan. Pelaporan tidak hanya dimiliki oleh pihak sekolah, namun juga diumumkan kepada publik, kepala sekolah diadakan rapat walid murid dan seluruh guru bersama pihak komite guna memberikan laporan secara langsung kepada pihak komite mengawal pelaporan pembiayaan pendidikan ini demi memelihara kepercayaan stakeholder. 2). Akuntabilitas keuangan pembiayaan SMA NU 01 Bondowoso kepala sekolah memberikan tanggungjawab khusus kepada salah satu bagian keuangan sekolah untuk mengelola pembiayaan pendidikan tersebut dan tidak dijadikan satu dengan pelaporan keuangan dari pos lainnya. Hal ini menjadi satu sisi positif karena pihak sekolah tidak mengambil dana dari orang tua asuh untuk kebutuhan sekolah, melainkan langsung disalurkan kepada siswa asuh. Demikian pula, siswa asuh dapat menjalankan kewajibannya sebagai peserta didik untuk menyelesaikan pendidikannya dengan baik. 3). Pembiayaan pendidikan dengan model orang tua asuh ini sangatlah efektif dalam menjamin keberlangsungan siswa asuh dalam menyelesaikan pendidikannya. Pihak sekolah juga mendukung dengan menyusun Rancangan Anggaran Belanja bagi siswa asuh setiap tahunnya, Efektifitas yang terbangun juga menjadikan bukti nyata bahwa pembiayaan pendidikan dengan kepercayaan yang penuh dari masyarakat dan stakeholder yang ada. Bahkan pihak komite sangat mengapresiasi dan selalu mengingatkan pihak sekolah untuk mempertahankan model pembiayaan ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 17 Nov 2022 02:02
Last Modified: 17 Nov 2022 02:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15019

Actions (login required)

View Item View Item