Metode Penanaman Nilai Nilai Pendidikan Agama Islam pada Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal Ulul Albab Kabupaten Jember

Inayah, Nur (2020) Metode Penanaman Nilai Nilai Pendidikan Agama Islam pada Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal Ulul Albab Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Nur Inayah_T20165038.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bagaimana cara yang diterapkan di RA Ulul Albab dalam menanamkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada anak usia dini. Kajian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mengetahui cara menanamkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam sejak dini, mengingat banyaknya kasus tentang rusaknya moral anak, sehingga sebagai calon guru penulis dapat mengetahui banyak hal tentang metode-metode yang diterapkan dalam menanamkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada anak usia dini di RA Ulul Albab. Fokus penelitian dalam skripsi ini, yaitu: 1) Bagaimana cara yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Agama Islam dalam bidang Aqidah di RA Ulul Albab?. 2) Bagaimana cara yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Agama Islam dalam bidang Ibadah di RA Ulul Albab?. 3)Bagaimana cara yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Agama Islam dalam bidang Akhlaq di RA Ulul Albab? Tujuan Penelitian ini, yaitu: 1) Mengetahui lebih mendalam cara dan metode yang digunakan dalam menanamkan dan menerapkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam bidang Aqidah di RA Ulul Albab. 2) Mengetahui lebih mendalam cara dan metode yang digunakan dalam menanamkan dan menerapkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam bidang Aqidah di RA Ulul Albab. 3) Mengetahui lebih mendalam cara dan metode yang digunakan dalam menanamkan dan menerapkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam bidang Aqidah di RA Ulul Albab. Untuk menjawab fokus penelitian di atas peneliti menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field reseach. Pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan Miles dan Hubermen yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penanaman nilai-nilai Pendidikan Agma Islam pada anak usia dini di RA Ulul Albab Kabupaten Jember dilaksanakan melalui beberapa metode, yaitu metode pembiasaan, metode keteladanan, bermain peran, bercerita, demonstrasi, bernyanyi dan karyawisata. Pembeajaranya menggunakan sistem sentra, penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dibiasakan pada setiap harinya namun lebih terfokuskan pada sentra Imtaq. 2) Materi pembelajaran pada RA Ulul Albab disesuaikan dengan perkambangan anak didin yang mencakup pada nilai agama dan moral, fisik, bahasa, kognitif, dan sosial emosioal. Nilai-nilai yang diterapkan mencakup pada 3 landasan pokok yaitu bidang keimanan, bidang ibadah dan bidang akhlaq dan moral sebagai kunci untuk membentuk karakter anak menjadi karakter yang Islami.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 26 Feb 2021 07:11
Last Modified: 26 Feb 2021 07:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1502

Actions (login required)

View Item View Item