Pengelolaan BUM Desa dalam Menyejahterakan Ekonomi Masyarakat melalui Sistem Ekonomi Islam (Studi Kasus BUM Desa Permata di Desa Suco Kecamatan Mumbulsari Jember)

ZAINULLAH, M. ILHAM (2020) Pengelolaan BUM Desa dalam Menyejahterakan Ekonomi Masyarakat melalui Sistem Ekonomi Islam (Studi Kasus BUM Desa Permata di Desa Suco Kecamatan Mumbulsari Jember). Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
M. ILHAM ZAINULLAH_0839218045.pdf - Submitted Version

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh BUM Desa sebagai lembaga kewirausahaan yang bertujuan menstimulus dan menggerakkan perekonomian di desa. Oleh karenanya BUM Desa diharapkan mampu memotong kesenjangan ekonomi baik yang ada di ruang lingkup desa maupun antar desa-kota. Fokus penelitiannya diarahkan padapertanyaan penelitian yang meliputi: (1) Bagaimana pengelolaan BUM Desa Permata dalam Menyejahterakan Ekonomi Masyarakat melalui Sistem Ekonomi Islam; (2) Bagaimana bentuk usaha berbasis Ekonomi Islam yang dilaksanakan oleh BUM Desa Permata dalam menyejahterakan ekonomi masyarakat desa Suco; (3) Bagaimana dampak pengelolaan BUM Desa Permata dalam menyejahterakan ekonomi masyarakat desa Suco melalui Sistem Ekonomi Islam; (4) Apa Faktor-Faktor yang menjadi penghambat dan pendukung dalam pengelolaan BUM Desa Permata untuk menyejahterakan ekonomi masyarakat desa Suco melalui Sistem Ekonomi Islam. Tujuan penelitian ini: Secarateoritis, merupakan sumbangan pemikiran dalam khazanah keilmuan terkait pengolalaan BUM Desa dari perspektif ilmu ekonomi islam. Secara praktis, penelitian diharapkan bias menjadi pedoman dalam pengelolaan BUM Desa. Penulisan penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Bab pertama dan kedua berisi pendahuluan dan kajian pustaka. Paparan /temuan data dan pembahasan penelitian disajikan pada bab keempat dan kelima. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode interview, observasi, dan domentasi data yang relevan dan valid. Hasil penelitian yang diperoleh penulis dapat disimpulkan bahwa (1) pengelolaan BUM Desa dalam menyejahterkan ekonomi masyarakat melalui sistem ekonomi Islam meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan pengevaluasian; (2)Bentuk usaha berbasis Ekonomi Islam yang dilaksanakanoleh BUM Desa Permata dalam menyejahterakan ekonomi masyarakat desa Suco ialah pemberdayaan, syirkah, bai’, danijarah; (3) Dampak pengelolaan BUM Desa Permata dalam menyejahterakan ekonomi masyarakat desa Suco melalui Sistem Ekonomi Islam masih belum memuasakan karena unit usaha yang dijalankan tidak akurat, yang mana mayoritas penduduk desa Suco berprofesi sebagai petani dan pekebun; (4) Faktor-Faktor yang menjadi penghambat dan pendukung dalam pengelolaan BUM Desa Permata untuk menyejahtera kan ekonomi masyarakat desa Suco melalui Sistem Ekonomi Islam ialah: (factor penghambat) berupa rendahnya mutu Sumber Daya Manusia (SDM), pemilihan unit usaha, dan minimnya partisipasi masyarakat; (faktor pendukung) berbentuk support dari pemerintahdesa.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 17 Nov 2022 02:03
Last Modified: 17 Nov 2022 02:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15022

Actions (login required)

View Item View Item