Pengaruh Manajemen Kurikulum dan Kompetensi Profesionalisme Guru Terhadap Mutu Pendidikan Siswa di Satuan Pendidikan Mu’adalah Ulya Madrsah Diniyah Al Amiriyyah Blokagung Tegalsari Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021

BADRUSSALAM, ANDI AHMAD (2021) Pengaruh Manajemen Kurikulum dan Kompetensi Profesionalisme Guru Terhadap Mutu Pendidikan Siswa di Satuan Pendidikan Mu’adalah Ulya Madrsah Diniyah Al Amiriyyah Blokagung Tegalsari Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
ANDI AHMAD BADRUSSALAM_0849119030.pdf - Submitted Version

Download (9MB)

Abstract

Pendidikan di Pondok Pesantren mulai mendapat pengakuan dari pemerintah sejak diterbitkannya peraturan pemerintah tentang Satuan Pendidikan Mu’adalah. Maka pesantren mu’adalah harus menggunakan kurikulum dari pemerintah dan sesuai dengan ciri khas pondok pesantren. Upaya Pondok pesantren dalam peningkatkan mutu pendidikan siswa adalah dengan memperhatikan proses manajemen kurikulum dan kompetensi profesionalisme guru yang mumpuni. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Apakah Perencanaan dan Pengorganisasian Kurikulum berpengaruh terhadap Mutu Pendidikan Siswa, (2) Apakah Pelaksanaan dan Evluasi Kurikulum berpengaruh terhadap Mutu Pendidikan Siswa (3) Apakah Kompetensi Profesionalisme Guru berpengaruh terhadap Mutu Pendidikan Siswa, (4) Apakah Manajemen Kurikulum dan Kompetensi Profesionalisme Guru berpengaruh terhadap Mutu Pendidikan Siswa di Satuan Pendidikan Mu’adalah Ulya Al Amiriyyah Blokagung Tegalsari Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui: (1) Pengaruh Perencanaan dan Pengorganisasian Kurikulum terhadap Mutu Pendidikan Siswa, (2) Pengaruh Pelaksanaan dan Evluasi Kurikulum terhadap Mutu Pendidikan Siswa (3) Pengaruh Kompetensi Profesionalisme Guru terhadap Mutu Pendidikan Siswa, (4) Pengaruh Manajemen Kurikulum dan Kompetensi Profesionalisme Guru terhadap Mutu Pendidikan Siswa di Satuan Pendidikan Mu’adalah Ulya Al Amiriyyah Blokagung Tegalsari Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 236 orang yang terdiri dari 17 staf guru dan 219 siswa. Tenik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner yang diberikan kepada 59 orang. Pengambilan sampel menggunakan metode stratified propotional random sampling. Hasil penelitian adalah : (1) Perencanaan dan Pengorganisasian Kurikulum berpengaruh positif terhadap Mutu Pendidikaan Siswa termasuk dalam kategori rendah sebesar 23.35%, (2) Pelaksanaan dan Evaluasi Kurikulum berpengaruh positif terhadap Mutu Pendidikaan Siswa termasuk dalam kategori rendah sebesar 25.08 %, (3) Kompetensi Profesionalisme Guru berpengaruh terhadap Mutu Pendidikan siswa termasuk dalam kategori rendah sebesar 23.47 %, dan (4) Manajemen Kurikulum dan Kompetensi Profesionlisme Guru berpengaruh positif terhadap Mutu Pendidikan Siswa termasuk dalam kategori kuat sebesar 70.9%, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan Fhitung sebesar 44.729 > Ftabel 3.16.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 17 Nov 2022 02:03
Last Modified: 17 Nov 2022 02:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15023

Actions (login required)

View Item View Item