Pengaruh Theory of Planned Behavior Terhadap Perilaku Pembelian Produk Makanan dan Minuman dalam Kemasan Berlabel Halal di Supermarket Kabupaten Jember

ARROFAH, AFRILA MU (2020) Pengaruh Theory of Planned Behavior Terhadap Perilaku Pembelian Produk Makanan dan Minuman dalam Kemasan Berlabel Halal di Supermarket Kabupaten Jember. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
AFRILA MU’ARROFAH_0839218040.pdf - Submitted Version

Download (7MB)

Abstract

Perkembangan sektor halal saat ini mulai mendapat perhatian dari banyak negara di dunia. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik pada tahun 2010, Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim mayoritas sebanyak 207.176.162 jiwa. Dengan banyaknya negara asing yang menjalin kerjasama dengan negara Indonesia dalam sektor perdagangan, menimbulkan masalah pada salah satu sisi, yakni dimana produk-produk yang di impor ke Indonesia tidak semuanya memiliki jaminan halal. Menjadi hal penting untuk adanya penyantuman label halal pada setiap makanan dan minuman dalam kemasan, untuk menjamin konsumen muslim dalam mengonsumsi baik makanan maupun minuman berkemasan. Teori yang digunakan dalam mengukur perilaku muslim dalam mengonsumsi produk makanan dan minuman dalam kemasan berlabel halal ini adalah dengan pendekatan Theory of Planned Bahavior. Rumusan masalah pada penelitian ini terdiri dari apakah sikap, norma subjektif, dan persepsi kontrol perilaku berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku seseorang dalam membeli produk makanan dan minuman dalam kemasan berlabel halal di supermarket Kabupaten Jember melalui niat secara parsial. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh sikap (X1), norma subjektif (X2), persepsi kontrol perilaku (X3) terhadap perilaku (Y) melalui niat (Z). Metode penelitian dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitatif, dimana analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel sikap, norma subjektif berpengaruh positif dan signfikan terhadap niat. Variabel niat berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku. Sedangkan persepsi kontrol perilaku tidak berpengaruh signifikan terhadap niat. Dan persepsi kontrol perilaku tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 17 Nov 2022 02:04
Last Modified: 17 Nov 2022 02:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15031

Actions (login required)

View Item View Item