Penerapan Teori Pembelajaran Konstruktivistik dalam Pembelajaran Akhlak Akidah Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

Muntaha, Laily (2021) Penerapan Teori Pembelajaran Konstruktivistik dalam Pembelajaran Akhlak Akidah Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Laily Muntaha_0849317024.pdf - Submitted Version

Download (7MB)

Abstract

Penerapan pembelajaran konstruktivistik merupakan salah satu jenis belajar mandiri dimana siswa dapat menggali dan mengembangkan pengetahuan melalui panca indera, sehingga siswa dapat menemukan konsep baru secara mandiri. Berdasarkan teori konstruktivistik, kegiatan belajar bukan hanya sebagai proses mentransfer ilmu tetapi siswa dituntut untuk menggali dan membangun pengetahuan yang mereka miliki dengan cara berinteraksi dengan lingkungannya. Fokus penelitian yang dikaji yaitu : 1) Bagaimana metode penerapan teori belajar kontruktivistik dalam pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jember?2) Bagaimana hambatan penerapan teori belajar kontruktivistik dalam pemeblajaran akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jember? Tujuan peneltiain ini adalah : 1) Untuk Mendeskripsikan penerapan metode teori belajar kontruktivistik dalam pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jember, 2) Untuk Mendeskripsikan hambatan penerapan teori belajar kontruktivistik dalam Pembelajaran Akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jember, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitian dilakukan secara purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas; triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah : Pertama, penerapan teori belajar kontruktivistik dalam pembelajaran akidah akhlak menggunanakan metode problem based learning (PBL) metode ceramah, diskusi, jigshow. Kedua, penerapan teori belajar kontruktivistik dalam peran guru diharapkan mampu menciptakan suasana belajar dalam kelas yang menyenangkan serta mengarahkan. Dengan pendekatan saintific mampu mengarahkan peserta didik untuk mendapatkan hasil berpikir nya. Hal ini dapat dilihat pembelajaran di kelas, dengan kontruktivitik ini peserta didik memeiliki kesempatan lebih mandiri dalam membangun pengetahuannya, mereka dapat bertanya dan saling bertukar ide, mencari sumber rujukan, berdikusi dan mempertahankan jawaban dari pemikirannya. Ketiga, kelebihan dan kekurangan yang dilakukan adalah untuk melihat sejauh mana pendektan saintific ini mampu menjadikan peserat didik lebih mandiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 17 Nov 2022 02:04
Last Modified: 17 Nov 2022 02:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15032

Actions (login required)

View Item View Item