Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Religius di MTs Darul Falah Karangbendo Lumajang

WAHYUNI, INDAH (2021) Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Religius di MTs Darul Falah Karangbendo Lumajang. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
INDAH WAHYUNI_0849318005.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan karakter menjadi isu menarik dan hangat dibicarakan kalangan praktisi pendidikan akhir-akhir ini. Hal ini berkaitan dengan krisis moral yang terjadi di tengah-tengah masyarakat maupun di lingkungan pemerintah yang semakin meningkat dan beragam. Kasus bulying dan kekerasan antar pelajar hingga kriminalitas yang semakin marak terjadi di lingkungan masyarakat. Fokus dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana Perencanaan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Religius di MTs Darul Falah Karangbendo Lumajang? 2. Bagaimana Pelaksanaan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Religius di MTs Darul Falah Karangbendo Lumajang? 3. Bagaimana Evaluasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Religius di MTs Darul Falah Karangbendo Lumajang? Tujuan Penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan Perencanaan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Religius di MTs Darul Falah Karangbendo Lumajang 2. Mendeskripsikan Pelaksanan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Religius di MTs Darul Falah Karangbendo Lumajang 3. Mendeskripsikan Evaluasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Religius di MTs Darul Falah Karangbendo Lumajang Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif yang merekonstruksi ucapan dan tingkah laku orang atau subyek studi, Teknik pengumpulan datanya meliputi : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan Analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Milles Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah sebagai berikut: Data collection, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan teknik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: 1. Dalam Merencanakan pendidikan karakter dilakukan dengen mempertimbangkan nilai yang akan diproritaskan dalam kegiatan madrasah dengan mensosialisasiakan dengan warga madrasah dan stakeholder 2. Dalam pelaksanaan pendidikan karakter dilakukan dengan melaksanakan kegiatan madrasah melalui pembiasaan budaya religius yang meliputi: shalat dhuha, membaca juz amma, membaca asmaul husna, waqi’ah, Istighotsah, Rangkaian shalat malam, Tadarus dan Ratibul Hadad 3. Dalam mengevaluasai pelaksanaan pendidikan karakter melalui budaya religius ini dilakukan dengan mempertimbangkan kemajuan karakter peserta didik baik didalam madarasah maupun diluar lingkungan madarasah, serta kehidupan para alumni dalam bermasyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 17 Nov 2022 02:04
Last Modified: 17 Nov 2022 02:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15033

Actions (login required)

View Item View Item