Dimensi Multikulturalisme dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Karyawisata Singaraja Bali

MUTAMHIDA, VITA EMIL (2021) Dimensi Multikulturalisme dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Karyawisata Singaraja Bali. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
VITA EMIL MUTAMHIDA_0849317051.pdf - Submitted Version

Download (46MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam sebagai media penyadaran umat perlu membangun teknologi inklusif dan toleran, demi harmonisasi agama-agama yang menjadi kebutuhan masyarakat agama. Peran dan fungsi pendidikan agama diantaranya adalah untuk meningkatkan toleransi dalam keberagaman peserta didik dengan keyakinan agama sendiri dan memberikan kemungkinan keterbukaan untuk mempelajari dan mempermasalahkan agama lain sebatas untuk menumbuhkan sikap toleransi. Pentingnya pemahaman dan kesadaran akan nilainilai toleransi (demokratis, humanis dan pluralis) yang merupakan pondasi bermasyarakat. Fokus penelitian dalam penelitian ini antara lain: 1) Bagaimana dimensi multikulturalisme dalam materi pembelajaran PAI di SMA Karya Wisata Singaraja Bali?, 2) Bagaimana dimensi multikulturalisme strategi pembelajaran PAI di SMA Karya Wisata Singaraja Bali?, 3) Bagaimana dimensi multikulturalisme dalam aktualisasi pembelajaran PAI dalam di SMA Karya Wisata Singaraja Bali? Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif jenis fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis interaktif Miles dan Huberman (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan yaitu: 1) Dimensi multikulturalisme dalam materi pembelajaran PAI di SMA Karya Wisata berupa pemahaman konsep akidah dan akhlak serta konsep Islam rahmatan lil ‘alamin. Guru melakukan telaah materi yang ada pada jenjang kelas X, XI, dan XII dan menguhubungkan satu materi dengan materi lainnya berdasarkan relevansi yang ditemukan. 2) Strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru PAI terdiri dari beberapa macam yaitu penyampaian pembelajaran dengan cara ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok, praktek, keteladanan, pembelajaran kontekstual, dan penugasan. 3) Aktualisasi pemelajaran PAI yang dilakukan dalam kehidupan sekolah antara lain mengintegrasikan materi pembelajaran dengan berbagai ilmu pengetahuan. Dalam hal ini ilmu selain pendidikan agama Islam turut mendukung dalam menjelaskan konsep Islam yang diajarkan. Selain itu juga dilakukan konstruk pengetahuan siswa mengenai multikulturalisme menurut pandangan Islam yang dalam prakteknya melibatkan keragaman kebudayaan. Pemberdayaan budaya sangat dihormati oleh masing-masing orang, baik itu Islam maupun non- Islam, terutama dalam perayaan hari besar setiap agama.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 17 Nov 2022 02:04
Last Modified: 17 Nov 2022 02:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15034

Actions (login required)

View Item View Item