Pengaruh Komunikasi Organisasi dan Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja Guru di Yayasan Pondok Pesantren Darussalam Tegalsari Banyuwangi Tahun Pelajaran

FAZAUDIN, AHMAD FAIQ (2021) Pengaruh Komunikasi Organisasi dan Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja Guru di Yayasan Pondok Pesantren Darussalam Tegalsari Banyuwangi Tahun Pelajaran. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
AHMAD FAIQ FAZAUDIN_0849117004.pdf - Submitted Version

Download (16MB)

Abstract

Komuniksi organisasi yang baik merupakan salah satu faktor kunci penentu keberhasilan sebuah organisasi atau sekolah dalam menjalankan visi misi atau program sekolah. Akan tetapi pendistribusian kompensasi yang baik dan benar kepada dewan guru tidak kalah penting, karena kompensasi merupakan salah satu aspek yang paling sensitif di dalam hubungan kerja. Dengan adanya komunikasi organisasi dan kompensasi yang baik didalam sekolah diharapkan para dewan guru mendapatkan kepuasan kerja seperti yang mereka harapkan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk menganalisis pengaruh komunikasi organisasi terhadap kepuasan kerja guru (2) Untuk menganalisis pengaruh kompensasi terhadap kepuasan kerja guru (3) Untuk menganalisis komunikasi organisasi dan kompensasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara empiris variabel dalam penelitian yang dirumuskan dalam rumusan masalah yaitu apakah komunikasi organisasi dan kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja guru di Yayasan Pondok Pesantren Darussalam Darussalam Blokagung Tegalsari Banyuwangi baik secara simultan dan parsial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, rancangan berjenis korelasi. Pengambilan sampel menggunakan tekhnik Probability Sampling dengan metode Proportionate Stratified Random Sampling dan ditentukan dengan rumus Isaac dan Michael yaitu sebanyak 146 yang dibagi secara proporsional dari setiap unit untuk diambil perwakilan. Pengujiannya menggunakan analisis regresi linier berganda, dengan bantuan software Statistical Package for the Sciences (SPSS) versi 22. Hasil penilitian ini memperoleh kesimpulan bahwa: (1) Ada pengaruh positif dan signifikan variabel Komunikasi organisasi terhadap Kepuasan Kerja Guru di Yayasan Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Tegalsari Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021 sebesar 24 %. (2) Ada pengaruh positif dan signifikan variabel Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja guru di Yayasan Po ndok Pesantren Darussalam Blokagung Tegalsari Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021 sebesar 42,2 %. (3) Ada pengaruh positif dan signifikan variabel Komunikasi Organisasi dan kompensasi secara bersama-sama (simultan) terhadap Kepuasan Kerja Guru di Yayasan Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Tegalsari Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021 sebesar 66,2 %.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 17 Nov 2022 02:04
Last Modified: 17 Nov 2022 02:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15035

Actions (login required)

View Item View Item