Internalisasi Nilai-nilai Karakter Religius Melalui Pendidikan Agama Islam di Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus SMP Negeri 1 Purwoharjo – Banyuwangi)

ANDI PRANOTO, MUHAMMAD (2020) Internalisasi Nilai-nilai Karakter Religius Melalui Pendidikan Agama Islam di Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus SMP Negeri 1 Purwoharjo – Banyuwangi). Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
MUHAMMAD ANDI PRANOTO_0849318054.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Penelitian Tesis ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang kontras dengan tujuan pendidikan nasional yang bertujuan membentuk karakter religius peserta didik. Pandemi Covid-19 telah mengubah berbagai aspek kehidupan manusia saat ini, khususnya dalam dunia pendidikan. Ini mengharuskan semua elemen pendidikan untuk melaksanakan Pembelajaran daring/online. Tujuan penelitian ini sebagai tinjauan umum terkait penanaman karakter religius pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada era pandemi Covid-19. Fokus pendidikan karakter lebih kepada upaya menjadikan anak memiliki perilaku dan pola pikir positif yang dilandasi nilai-nilai batiniah positif pula. Penanaman nilai-nilai karakter peserta didik melalui Pendidikan Agama Islam yaitu tentang menanamkan karakter religius di era pandemi Covid-19. Hal ini dilaksanakan untuk membentuk karakter peserta didik dalam menjalani pembelajaran daring/online sehingga nantiya peserta didik SMP Negeri 1 Purwoharjo mampu memiliki nilai ibadah, dan ahklak islami (karakter religius) yang baik dengan tahapan transformasi, transaksi, dan transinternalisasi. Tujuan penelitian ini sebagai tinjauan umum terkait penanaman karakter religius pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada era pandemi Covid-19. Tujuan utama dari fenomenologi adalah dalam pendidikan karakter di era pandemi Covid-19, peserta didik tidak diarahkan untuk menguasai ilmu pengetahuan. Pendekatan kualitatif dipilih dalam penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi, penelitian ini mendeskripsikan pemaknaan umum dari sejumlah individu terhadap berbagai pengalaman hidup mereka terkait dengan konsep atau fenomena. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu peserta didik dapat menanamkan nilai-nilai karakter religius melalui metode pembiasaan seperti melaksanakan shalat sunnah, membantu orang tua, tilawah qur’an, shalat zuhur berjamaah dan olahraga. Penelitian ini akan meneliti sejauh mana internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter pada masa pandemi. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring/online dalam menanamkan karakter religius siswa mendapat dukungan yang besar dari pihak sekolah dan orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 17 Nov 2022 02:04
Last Modified: 17 Nov 2022 02:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15036

Actions (login required)

View Item View Item