Pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Darun Najah Petahunan Lumajang Tahun Pelajaran 2021/2022

Aningtyas, Ericahyani Hidayati (2022) Pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Darun Najah Petahunan Lumajang Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq.

[img] Text (SKRIPSI ERICAHYANI HIDAYATI ANINGTYAS)
ERICAHYANI HIDAYATI ANINGTYAS_T20179068.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hasil belajar merupakan salah satu tujuan di proses kegiatan
pembelajaran disekolah, karena ada beberapa perubahan, yaitu tingkah laku dari siswa yang dapat diukur serta diamati dalam bentuk pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Guru harus memiliki keterampilan, kemampuan serta ilmu yang cukup luas dalam bidang pendidikan, karena kegiatan pembelajaran
akan mencapai tujuan yang maksimal. Metode pembelajaran yang akan membuat siswa menjadi aktif dalam kegiatan belajar adalah metode resitasi. Karena mampu mengembangkan, menggali informasi dan menerapkan pengetahuan yang sudah ada dengan cara sendiri melalui latihan serta mengerjakan tugas yang sudah diberi oleh guru.Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah apa ada pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Darun Najah Petahunan Lumajang?Tujuan penelitian ini untuk menguji ada atau tidaknya pengaruh dari metode resitasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Darun
Najah Petahunan Lumajang.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen yang menerapkan metode resitasi pada pembelajaran IPS siswa kelas VIII MTs Darun Najah Petahunan Lumajang.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik dokumentasi, dilakukan untuk memperoleh data hasil belajar siswa melalui penilaian harian di kelas. Dari hasil pengujian hipotesis menggunakan aplikasi SPSS, dan hasil analisis data independent sample t test nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Karena nilai signifikansinya < 0,05, sehingga dalam penelitian ini H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara
penerapan metode resitasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Darun Najah Petahunan Lumajang Tahun Pelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode resitasi; hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Unnamed user with email ericahyani.26april@gmail.com
Date Deposited: 17 Nov 2022 07:29
Last Modified: 17 Nov 2022 07:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15042

Actions (login required)

View Item View Item