AKULTURASI BUDAYA ARAB DAN BUDAYA LOKAL DALAM MEMBANGUN UKHUWAH ISLAMIYAH PADA MASYARAKAT KADEMANGAN BONDOWOSO

Wardatul, Asfiyah (2022) AKULTURASI BUDAYA ARAB DAN BUDAYA LOKAL DALAM MEMBANGUN UKHUWAH ISLAMIYAH PADA MASYARAKAT KADEMANGAN BONDOWOSO. Masters thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Archive
Wardatul Asfiyah_0829220003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26MB) | Request a copy

Abstract

Terdapat dua etnis yang tinggal di Kademangan, yaitu Arab dan penduduk lokal. kelompok Arab dan masyarakat lokal memiliki kebudayaan berbeda yang berinteraksi secara terus menerus sehingga terjadi akulturasi budaya. Dengan adanya penyesuaian, maka akan tercipta hubungan yang baik antara komunitas Arab dan penduduk lokal. Akulturasi inilah yang kemudian menciptakan ukhuwah Islamiyah antara penduduk lokal dan komunitas Arab di Kelurahan Kademangan Bondowoso. Ukhuwah Islamiyah terjalin dalam berbagai aspek, baik dalam aspek agama maupun hubungan sosial antara Komunitas Arab dan penduduk lokal.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses akulturasi budaya Arab dan budaya lokal pada masyarakat Kademangan Bondowoso? 2) Bagaimana bentuk-bentuk akulturasi budaya Arab dan budaya lokal dalam menopang terwujudnya harmoni sosial pada masyarakat Kademangan Bondowoso? 3) Bagaimana dampak aklurturasi budaya arab dan budaya lokal terhadap ukhuwah Islamiyah masyarakat Kademangan Bondowoso?
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan proses akulturasi budaya Arab dan budaya lokal pada masyarakat Kademangan Bondowoso. 2) Menganalisis bentuk-bentuk akulturasi budaya Arab dan budaya lokal dalam menopang terwujudnya harmoni sosial pada masyarakat Kademangan Bondowoso. 3) menjelaskan dampak aklurturasi budaya arab dan budaya lokal terhadap ukhuwah islamiya masyarakat Kademangan?
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Dalam menentukan subjek penelitian, peneliti menggunakan teknik purposive. Metode pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data (penyajian data) dan conclution/verification (penarikan kesimpulan). Sedangkan dalam menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) proses akulturasi budaya yang terjadi antara komunitas Arab dan penduduk lokal di Kelurahan Kademangan tidak memakan waktu yang lama. Keduanya saling terbuka dalam menghadapi setiap perbedaan yang ada. Masyarakat lokal Kademangan menerima dengan baik kedatangan kelompok Arab sehingga proses akulturasi relatif berjalan dengan singkat. 2) Bentuk-bentuk akulturasi budaya Arab dan budaya lokal dalam membangun harmoni sosial pada masyarakat Kademangan termanifestasi melalui beberapa unsur kebudayaan, diantaranya percampuran bahasa, pernikahan, dan upacara keagamaan. 3) akulturasi budaya Arab dan budaya lokal berpengaruh pada hubungan ukhuwah Islamiyah antara golongan Arab dan penduduk lokal. adanya akulturasi budaya menambah aspek persamaan yg dapat mendukung terjalinnya ukhuwah Islamiyah. Semakin banyak persamaan, maka semakin tinggi pula ukhuwah Islamiyah yang terjalin.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160799 Social Work not elsewhere classified
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200299 Cultural Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Wardatul Wardatul Asfiyah
Date Deposited: 17 Nov 2022 07:33
Last Modified: 17 Nov 2022 07:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15043

Actions (login required)

View Item View Item