Interpretasi ayat-ayat hijab : studi tentang pandangan mahasiswi dan penerapannya di UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Ummah, Sayidatul (2022) Interpretasi ayat-ayat hijab : studi tentang pandangan mahasiswi dan penerapannya di UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sayidatul Ummah_203206080010.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tesis ini akan mengkaji tentang bagaimana mahasiswi di Universitas Islam Negeri (UIN) Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, menafsirkan dan memahami ayat-ayat hijab dalam al-Quran, serta bagaimana mereka menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Studi ini berusaha menggali motivasi dan alasan yang melatarbelakangi mahasiswi berhijab. Secara sosiologis, praktek berhijab di kalangan mahasiswi UIN KH Achmad Siddiq Jember di samping dipengaruhi oleh penafsiran dan pemahaman mereka tentang ayat-ayat hijab dalam al-Quran, juga dipengaruhi oleh lingkungan sosial budaya.

Studi ini menggunakan metode kualitatif, yang bersandar pada beberapa teknik pengumpulan data, seperti observasi, dokumentasi, wawancara serta analisis data secara deskriptif dan cermat. Di samping itu metode kualitatif ini juga ditopang kajian pustaka serta wawancara dengan beberapa sample riset yang berstatus sebagai mahasiswi di UIN KHAS Jember. Untuk memperkaya penelitian ini, penulis juga menggunakan metode fenomenologis dengan berinteraksi dengan mahasiswi yang menjadi sample riset. Selain itu, penerapan teori interpretasi Paul Recoeur dan fenomenologi Alfred Schutz telah memberi arah yang jelas kepada studi ini.

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, studi ini menemukan sejumlah fakta, antara lain bahwa bagi mahasiswi UIN KHAS Jember hijab dimaknai sebagai praktik berpakaian yang bernuansa agama. Selain itu, terdapat suatu fakta pemahaman mahasiswi tentang ayat-ayat hijab telah diimplementasikan dan dipraktikkan dalam beragam bentuk, model dan cara berhijab yang beragam. Diihat dari segi konteks fungsinya, hijab memiliki berbagai fungsi, yaitu antara lain sebagai penutup dan pelindung penutup aurat, di samping itu juga memiliki fungsi untuk mempercantik diri dan sekaligus sebagai simbol identitas muslimah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Interpretasi; ayat-ayat hijab
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: Ms Sayida Ummah
Date Deposited: 17 Nov 2022 04:10
Last Modified: 17 Nov 2022 04:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15044

Actions (login required)

View Item View Item