Kepemimpinan KH. Muhammad Lutfi Ahmad dalam mengembangkan nilai luhur santri Di Pondok Pesantren Madinatul Ulum Cangkring Jenggawah Jember

SURURI, AKHMAD (2020) Kepemimpinan KH. Muhammad Lutfi Ahmad dalam mengembangkan nilai luhur santri Di Pondok Pesantren Madinatul Ulum Cangkring Jenggawah Jember. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
AKHMAD SURURI_0849117006.pdf - Submitted Version

Download (9MB)

Abstract

Kedudukan Kiai adalah salah satu unsur terpenting dalam pesantren. Ia merupakan sosok paling berperan dalam pesantren. Keberadaan kiai sebagai pemimpin pesantren, ditinjau dari tugas dan fungsinya dapat dipandang sebagai fenomena yang unik. Karena kiai sebagai pemimpin tidak hanya sekedar membuat peraturan, kebijakan pesantren dan mengajar santri. Akan tetapi juga bertugas sebagai Pembina dan pendidik ummat serta menjadi pemimpin masyarakat. Fokus penelitian ini meliputi 1) Bagaimana tipe kepemimpinan KH. Muhammad Lutfi Ahmad dalam mengembangkan nilai luhur santri di Pondok Pesantren Madinatul Ulum Cangkring Jenggawah Jember 2) Bagaimana upaya kepemimpinan KH. Muhammad Lutfi Ahmad dalam mengembangkan nilai luhur santri di Pondok Pesantren Madinatul Ulum Cangkring Jenggawah Jember 3) Bagaimana implikasi kepemimpinan KH. Muhammad Lutfi Ahmad dalam mengembangkan nilai luhur santri di Pondok Pesantren Madinatul Ulum Cangkring Jenggawah Jember. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan 1) Tipe kepemimpinan KH. Muhammad Lutfi Ahmad dalam mengembangkan nilai luhur santri di Pondok Pesantren Madinatul Ulum. 2) Upaya kepemimpinan KH. Muhammad Lutfi Ahmad dalam mengembangkan nilai luhur santri di Pondok Pesantren Madinatul Ulum. 3) Implikasi kepemimpinan KH. Muhammad Lutfi Ahmad dalam mengembangkan nilai luhur santri di Pondok Pesantren Madinatul Ulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Model analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Sedangkan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber, dan trianggulasi metode. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tipe kepemimpinan KH. Muhammad Lutfi Ahmad dalam mengembangkan nilai luhur santri di Pondok Pesantren Madinatul Ulum adalah tipe kepemimpinan karismatik dan Paternalistc. 2) Upaya kepemimpinan KH. Muhammad Lutfi Ahmad dalam mengembangkan nilai luhur santri di Pondok Pesantren Madinatul Ulum adalah sebagai Pengasuh, Pendidik, Penasehat, Motivator, Figur dan teladan serta Fasilitator.3) Implikasi kepemimpinan KH. Muhammad Lutfi Ahmad dalam mengembangkan nilai luhur santri di Pondok Pesantren Madinatul Ulum antara lain Implikasi terhadap sikap dan akhlak santri, Implikasi terhadap peningkatan Ibadah Santri, dan Implikasi dalam menjalankan aturan pesantren.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 17 Nov 2022 03:34
Last Modified: 17 Nov 2022 03:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15057

Actions (login required)

View Item View Item