Dengan Judul Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dengan Asas Sosiologi Dalam Membangun Budaya Religius Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Ash Shiddiqi Puteri Jember

SHOHIBUL IZAR, MUHAMMAD (2020) Dengan Judul Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dengan Asas Sosiologi Dalam Membangun Budaya Religius Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Ash Shiddiqi Puteri Jember. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
MUHAMMAD SHOHIBUL IZAR_0849318035.pdf - Submitted Version

Download (7MB)

Abstract

Kurikulum Pendidikan Agama Islam senantiasa memberikan gambaran kepada manusia untuk mengekspresikan, mengasah potensi dan kemampuan yang ada pada dirinya dengan selalu berpedoman kepada syariat Allah dan aturan-aturannya sehingga tujuan kurikulum tersebut dapat mewujudkan manusia-manusia insan kamil yang memiliki manfaat untuk masyarakat. Dengan demikian salah satu upaya mewujdkan hal tersebut mengacu kepada teori dari George A Beauchamp mengenai kurikulum yang berpusat kepada masyarakat (Sosiety centered ) yang terdiri dari perencanaan,pelaksanaan dan evaluasi sehingga proses dan implementasinya dengan melakukan interaksi, kegiatan bersama, dan kerjasama serta membaurkan diri secara langsung dengan kehidupan masyarakat. Fokus kajian dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana Perencanaan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dengan Asas Sosiologi Dalam Membangun Budaya Religius Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Ash Shiddiqi Puteri Jember? 2) Bagaimana Pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dengan Asas Sosiologi dalam Membangun Budaya Religius Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Ash Shiddiqi Puteri Jember ? 3) Bagaimana Evaluasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dengan Asas Sosiologi dalam Membangun Budaya Religius Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Ash Shiddiqi Puteri Jember ? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan Perencanaan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dengan Asas Sosiologi Dalam Membangun Budaya Religius Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Ash Shiddiqi Puteri Jember , 2) Mendeskripsikan Pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dengan Asas Sosiologi Dalam Membangun Budaya Religius Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Ash Shiddiqi Puteri Jember , 3) Mendeskripsikan Evaluasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dengan Asas Sosiologi Dalam Membangun Budaya Religius Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Ash Shiddiqi Puteri Jember Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif, Penentuan subyek dalam penelitian ini menggunakan Purposive dan snowball sampling, teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan interactive of analysis Miles dan Huberman, uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Kesimpulan penelitian ini antara lain : 1). Memprogramkan kegiatan pembiasaan dalam bentuk harian, mingguan dan tahunan, 2). Program harian diantaranya membaca Nadlom Aqidatul Awwam, allalul, menulis Al quran dengan metode Iqro Bil Qolam, membaca doa sebelum memulai KBM, Program mingguan melakukan sidak kerapian oleh OSIS, Program tahunan diantaranya Praktek kerja Lapangan, yang meliputi perawatan jenazah, tahlil, dibaiyah, khitobah, tata boga, busana, rias, mengenalkan Iqro bil Qolam, kesehatan gigi,Qiroah. 3). Melakukan evaluasi baik secara tertulis maupun secara langsung ketika peserta didik melakukan sebuah praktek kerja lapangan yang dihadiri dan dinilai oleh kepala desa, Kepala Madrasah, guru, dan Peserta didik

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 17 Nov 2022 03:34
Last Modified: 17 Nov 2022 03:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15059

Actions (login required)

View Item View Item