Pemanfaatan Aplikasi Zoom Cloud Meeting Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) 8 Muhammadiyah Cakru Kencong Jember

BAHRUDDIN, SULTON HAJI (2021) Pemanfaatan Aplikasi Zoom Cloud Meeting Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) 8 Muhammadiyah Cakru Kencong Jember. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
SULTON HAJI BAHRUDDIN_0849319029.pdf - Submitted Version

Download (7MB)

Abstract

Merebaknya wabah pandemi Corona Virus Deases 2019 (Covid-19) telah membuat berbagai perubahan kebiasaan masyarakat. termasuk di dunia pendidikan. Pembelajaran tidak lagi berlangsung face to face (muwâjahah) di dalam kelastetapi, pendidikan harus terus berlangsung maka, pilihan terbaik adalah pendidikan jarak jauh dengan memanfaatkan media-media pembelajaran daring. Dengan mengacu pada Dikdasmen PP Muhammadiyah dan pedoman penyelenggaraan pendidikan sekolah/madrasah/ pesantren muhammadiyah pada masa pandemi covid-19 huruf A,3, Selama masa pandemi COVID-19 belum berakhir, proses pembelajaran dilakukan secara daring atau belajar dari rumah (BDR). Kemudian SMP Muhammadiyah 8 Cakru Kencong Jember menerapkan penggunaan aplikasi Zoom sebagai media pembelajaran. Fokus penelitian ini adalah bagaimana pemenfaatan aplikasi zoom Cloud Meeting dalam PAI dan budi pekerti, pemenfaatan zoom dalam menumbuhkan motifasi belajar PAI, kekurangan kelebihan pemenfaatan zoom dalam menumbuhkan motifasi belajar PAI. tujuan penelitian mendeskripsikan pemenfaatan aplikasi zoom dalam PAI, pemenfaatan zoom dalam menumbuhkan motifasi belajar, kekurangan dan kelebihan pemenfaatan zoom dalam menumbuhkan motifasi belajar PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penentuan objek penelitian menggunakan teknik purposive sampling, dengan informan Kepala sekolah, Guru, Siswa/peserta didik, dan Wali murid. Metode pengumpulan data adalah dengan teknik observasi, interview, dokumenter. Kemudian data dianalisis melalui teori Miles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari pengumpulan data (data collection), kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verification). Keabsahan data dalam tesis ini menggunakan teknik trianggulasi sumber dan triangulasi teknik. Dari temuan penelitian, disimpulkan bahwa Pemanfaatan Aplikasi Zoom Cloud Meeting di SMP Muhammadiyah 8 Cakru Kencong terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Di samping itu, penelitaian ini juga membuktikan bahwa pemanfaatan zoom dapat menumbuhkan motivasi belajar peserta didik dengan adanya indikasi peserta didik aktif dalam mengikuti pembelajaran Zoom peserta didik aktif saat mengikuti pembelajaran Zoom dengan senang dan aman, dihargai dan diperhatikan, serta bisa mengekspresikan kehadirannya, semangat dan optimis dalam mengikuti pembelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 17 Nov 2022 03:34
Last Modified: 17 Nov 2022 03:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15062

Actions (login required)

View Item View Item