Husna, Ghoniul (2021) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi kecanduan Gadget pada Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. Masters thesis, IAIN Jember.
Text
Ghoniul Husna_0849319026.pdf - Submitted Version Download (6MB) |
Abstract
Gadget saat ini merupakan sebuah benda yang tidak bisa tepisahkan dari aktifitas sehari hari. Tidak heran jika anak di era revolusi industri 4.0 sudah kenal yang namanya gadget, dengan fenomena tersebut dibutuhkan Upaya preventif yaitu upaya suatu tindakan pengendalian sosial yang dilakukan untuk dapat mencegah atau juga mengurangi kemungkinan terjadinya hal hal yang tdak diinginkan dimana orang tua, guru menananmkan nilai nilai agama serta mengikuti kegiatan positif. , upaya represif adalah suatu tindakan pengendalian sosial yang dilakukan dengan cara mengarahkan individu atau masyarakat supaya nematuhi nilai nilai serta norma yang berlaku, Upaya kuratif yaitu upaya yang bertujuan untuk membimbing siswa kembali kepada jalur yang semula, dari yang mulanya menjadi siswa bermasalah menjadi siswa yang bisa menyelesaikan masalah dan terbebas dari masalah. Fokus penelitian ini membahas tentang : (1) bagaimana upaya guru dalam mengatasi kecanduan gadget pada siswa secara preventif (2) bagaimana upaya guru dalam mengatasi kecanduan gadget pada siswa secara represif (3) bagaimana upaya guru dalam mengatasi kecanduan gadget pada siswa secara kuratif. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan : (1) upaya guru dalam mengatasi kecanduan gadget pada siswa secara preventif di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. (2) upaya guru dalam mengatasi kecanduan gadget pada siswa secara represif di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. (3) upaya guru dalam mengatasi kecanduan gadget pada siswa secara kuratif di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi tehnik dan sumber Temuan penelitian ini adalah: (1) upaya guru dalam mengatasi kecanduan gadget pada siswa secara preventif dengan memberi nasehat untuk mentaati peraturan madrasah, meletakkan gadget di loker masing-masing kelas, memberikan pemahaman agar siswa mampu memanfaatkan waktu., (2) upaya guru dalam mengatasi kecanduan gadget pada siswa secara represif dengan cara pemanggilan dan pembinaan, (3) upaya guru dalam mengatasi kecanduan gadget pada siswa secara kuratif dengan cara teguran mengisi buku catatan permasalahan, melakukan pemanggilan kepada siswa dan orang tua, membatasi penggunaan gadget, memberi contoh yang baik dalam menggunakan gadget.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 17 Nov 2022 03:34 |
Last Modified: | 17 Nov 2022 03:34 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15065 |
Actions (login required)
View Item |