Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Siswa Madrasah Aliyah Nurul Islam Jember.

Ainurfiya, Naila Rizka (2021) Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Siswa Madrasah Aliyah Nurul Islam Jember. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Naila Rizka Ainurfiya_0849318040.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Siswa Madrasah Aliyah Nurul Islam Internalisasi nilai adalah penanaman suatu nilai terhadap siswa, sehingga nilai tersebut menjadi ciri khas atau pembeda dirinya dengan orang lain. Proses penanaman nilai tersebut dilakukan melalui beberapa tahap seperti, transformasi, transaksi, dan transinternalisasi. Nilai moderasi beragama merupakan salah satu pandangan atau sikap yang selalu berusaha mengambil posisi tengah dalam agama Islam. Kata moderasi mengandung makna tengah-tengah. Jika dikaitkan dengan persoalan agama, maka moderasi beragama itu bersikap dan berperilaku yang tidak mengikuti arus kekanan maupun ke kiri.Indikator moderasi beragama yaitu nasionalisme, toleransi dan anti kekekerasan. Dengan ditanamkannya nilai-nilai moderasi beragama madrasah tidak mendidik siswa dari sisi intelektualnya saja tapi dari sisi moralitas juga, dengan harapan siswa memiliki sikap moderasi beragama. Madrasah Aliyah Nurul Islam Jember adalah Madrasah sekolah formal dibawah naungan pesantren yang memiliki program yang mengajarkan sikap moderat. Fokus penelitian yang dikaji yaitu: 1) Bagaimanainternalisasi nilai-nilai nasionalisme pada siswa Madrasah Aliyah Nurul Islam Jember? 2) Bagaimana internalisasi nilai-nilai toleransi pada siswa Madrasah Aliyah Nurul Islam Jember? 3) Bagaimana internalisasinilai-nilai anti kekerasan pada siswa Madrasah Aliyah Nurul Islam Jember? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan internalisasi nilainilai nasionalisme pada siswa Madrasah Aliyah Nurul Islam Jember. 2) Untuk mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai toleransi pada siswa Madrasah Aliyah Nurul Islam Jember. 3) Untuk mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai anti kekerasan pada siswa Madrasah Aliyah Nurul Islam Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitian dilakukan secara purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas; triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini menunjukkan hasil:1)Internalisasi nilai-nilai nasionalisme pada siswa Madrasah Aliyah Nurul Islam Jember dilakukan melalui 3 tahap a) transformasi nilai yaitu ketika guru menyampaikan betapa pentingnya nasionalisme b) transaksi nilai melalui kegiatan upacara bendera, c) tahap transinternalisasi siswa bisa menghafal lagu indonesia raya dan butir-butir pancasila. 2) Internalisasi nilai-nilai toleransi pada siswa Madrasah Aliyah Nurul Islam Jember dilakukan melalui tiga tahap a) transformasi nilai dengan proses nasehat guru brtapa pentingnya sikap toleransi, b) tahap transaksi nilai yaitu dengan menggunakan media diskusi c) trans internalisasi melalui penanaman sikap untuk saling pengertian antar siswa,melalui pembinaan sikap tolong menolong antar siswa dalam kepentingan kelompok maupun pribadi,menghargai pendapat orang lain,kebebasan untuk berpendapat dan memilih sesuai dengan apa yang siswa inginkan/harapkan. 3) Internalisasi nilai-nilai anti kekerasan pada siswa Madrasah Aliyah Nurul Islam Jember dilakukan melalui 3 tahap a) transaksi nilai meberikan pemahaman pentingnya anti kekerasan, b) transaksi nilai melalui melalui sikap penegak kedisiplinan c) transinternalissasi melalui metode pemotivasian, keteladanan dan penegak kedisiplinan.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 17 Nov 2022 03:34
Last Modified: 17 Nov 2022 03:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15068

Actions (login required)

View Item View Item