Pembentukan Karakter Siswa Melalui Multiple Intellegences System Pada Excellent Class program (ECP) Di MTs Zainul Hasan Balung. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam

AINI, KHURIL (2021) Pembentukan Karakter Siswa Melalui Multiple Intellegences System Pada Excellent Class program (ECP) Di MTs Zainul Hasan Balung. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
KHURIL AINI_0849318022.pdf - Submitted Version

Download (9MB)

Abstract

Excellent Class Program (ECP) merupakan program yang diadakan di MTs zainul Hasan Balung yang bertujuan untuk membentuk siswa yang cerdas dan berkarakter. Cerdas disini bukan hanya pintar dalam pelajaran saja namun juga dapat mengatasi dan menemukan solusi terhadap masalah yang terjadi khusunya pada diri siswa itu sendiri. Untuk fokus penelitian pada tesis ini adalah: 1. Bagaimana Pembentukan Karakter Siswa Melalui Olah Hati pada Excellent Class Pogram? 2. Bagaimana Pembentukan Karakter Siswa Melalui Olah Pikir pada Excellent Class Pogram? 3. Bagaimana Pembentukan Karakter Siswa Melalui Olah Rasa pada Excellent Class Pogram? 4. Bagaimana Pembentukan Karakter Siswa Melalui Olah Raga pada Excellent Class Pogram? Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif, subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah model interaktif Milles Huberman dan Saldana, yaitu: pengumpulan data,kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian adalah 1. Pembentukan karakter siswa melalui olah hati: membiasakana shalat dhuha dan membaca alqur’an sebelum melakukan pembelajaran serta shalat tasbih agar menjadi orang yang beriman dan bertaqwa, mengikuti kegiatan OSIM untuk membentuk siswa menjadi seseorang yang amanah, mengikuti kegiatan tahfidz quran untuk membentu perilaku yang lebih baik. 2. Pembentukan karakter siswa melalui olah pikir: guru memberi contoh kepada siswa dalam menyikapi suatu masalah dan mengarahkan siswa untuk mengikuti kegiatan seperti OSIM untuk membentuk siswa berfikir kritis, mengadakan buku penghubung siswa dalam mendukung produktifitas siswa, menyediakan tempat yang nyaman untuk mendukung kretifitas siswa 3. Pembentukan karakter melalui olah rasa: mengadakan kegiatan yang bersifat sosial untuk membentuk rasa peduli dan gotong royong. 4. Pembentukan karakter siswa melalui olah raga: mengadakan outboand untuk membentuk siswa menjadi disiplin,sportif, tanggung jawab, cepat dalam mengambil keputusan dan mensyukuri nikmat dan karunia Allah SWT.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 17 Nov 2022 03:42
Last Modified: 17 Nov 2022 03:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15071

Actions (login required)

View Item View Item