Analisis Penerapan CSR (Corporate Social Responsibility) dan GCG (Good Corporate Governance) di PT Bank Syariah Mandiri KC Jember Tahun 2018 Serta Implementasi Pada Kesejahteraan Masyarakat

Ma’rifah, Ulul (2020) Analisis Penerapan CSR (Corporate Social Responsibility) dan GCG (Good Corporate Governance) di PT Bank Syariah Mandiri KC Jember Tahun 2018 Serta Implementasi Pada Kesejahteraan Masyarakat. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Ulul Ma’rifah_0839217036.pdf - Submitted Version

Download (11MB)

Abstract

Pelaksanaan program CSR bank syariah bukan hanya untuk memenuhi amanah undang-undang, akan tetapi lebih jauh dari itu bahwa tanggung jawab sosial bank syariah dibangun atas dasar falsafah dan tasawwur (gambaran) Islam yang kuat untuk menjadi salah satu lembaga keuangan yang dapat mensejahterakan masyarakat. Good Corporate Governance adalah tatakelola bank yang menerapkan prinsip-prinsip keterbukaan, akuntabilitas, pertanggungjawaban, independensi dan kewajaran. Dalam pengelolaan perbankan syariah sangat diperlukan diterapkannya Kebijakan Pemerintah tentang Pelaksanaan Good Corporate Gonernance, mengingat makin kompleksnya risiko yang dihadapi bank, untuk meningkatkan kinerja Bank, melindungi kepentingan stakeholders dan meningkatkan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku serta nilainilai etika yang berlaku umum pada industri perbankan. Fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana Penerapan CSR (Corporate Social Responsibility) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di PT Bank Syariah Mandiri KC Jember Tahun 2018?, 2) Bagaimana Penerapan GCG (Good Corporate Governance) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di PT Bank Syariah Mandiri KC Jember Tahun 2018?, 3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat Implementasi CSR (Corporate Social Responsibility) dan GCG(Good Corporate Governance), dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di PT Bank Syariah Mandiri KC Jember Tahun 2018?. Tujuan penelitian sebagai berikut: 1) Untuk menjelaskan Penerapan CSR (Corporate Social Responsibility) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di PT Bank Syariah Mandiri KC Jember Tahun 2018. 2) Untuk menjelaskan Penerapan GCG (Good Corporate Governance) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di PT Bank Syariah Mandiri KC Jember Tahun 2018. 3) Untuk menjelaskan faktor pendukung dan penghambat Implementasi CSR (Corporate Social Responsibility) dan GCG(Good Corporate Governance), dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di PT Bank Syariah Mandiri KC Jember Tahun 2018. Penelitian ini dilakukan pada PT. Bank Syariah Mandiri KC Jember dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Dilihat dari jenisnya, penelitian ini menggunakan jenis field research (penelitian lapangan), yang mana penelitian ini lebih menitikberatkan kepada hasil pengumpulan data dari informan yang telah ditentukan. Penerapan CSR (Corporate Social Responsibility) pada Bank Syariah Mandiri KC Jember yakni terdiri dari adanya Program BSM mengalirkan berkah dan Didik Umat. Penerapan GCG (Good Corporate Governance) terdiri dari adanya larangan Risywah, Tidak dibolehkan melayani pengajuan pembiayaan melalui perantara, Tidak dibolehkan menerima titipan dari nasabah seperti buku tabungan. Terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan CSR dan GCG yang ada di PT. Bank Syariah Mandiri KC Jember tahun 2018.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 17 Nov 2022 03:42
Last Modified: 17 Nov 2022 03:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15072

Actions (login required)

View Item View Item