Peran Kepala Madrasah Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Madrasah Tsanawiyah Al Amiriyyah Blokagung Tegalsari Banyuwangi Tahun Ajaran 2020/2021.

EDRIS, ACHMAD (2021) Peran Kepala Madrasah Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Madrasah Tsanawiyah Al Amiriyyah Blokagung Tegalsari Banyuwangi Tahun Ajaran 2020/2021. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
ACHMAD EDRIS_0849118032.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Tuntutan akan pendidikan bermutu semakin hari semakin kuat. Fenomena ini muncul seiring dengan kondisi kebutuhan masyarakat yang berkembang demikian cepat. Tingginya tuntutan tersebut telah direspon oleh sebagian pimpinan lembaga pendidikan Islam dengan sikap yang rasional dan lebih berorientasi pada kebutuhan masyarakat secara luas. Sebagai pemimpin proses pendidikan di tingkat mikro, kepala madrasah mempunyai peran Pemimpin meningkatkan Kinerja guru untuk pendidikan demi mewujudkan sekolah-sekolah unggul yang diminati masyarakat. Adapun Fokus pada penelitian ini adalah : 1.Bagaimana peran kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan kinerja guru bidang perencanaan program kegiatan pembelajaran di MTs Al Amiriyyah Blokagung Banyuwangi? 2. Bagaimana peran kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan kinerja guru bidang pelaksaan kegiatan pembelajaran di MTs Al Amiriyyah Blokagung Banyuwangi? 3. Bagaimana peran kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan kinerja guru bidang evaluasi kegiatan pembelajaran di MTs Al Amiriyyah Blokagung Banyuwangi? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenisnya deskriptif lapangan (field research ), Teknik pengumpulan data yang di gunakan ( 1) Observasi semi partisipan, (2) Wawancara semi terstruktur, dan (3) dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif Miles, Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah: (1) pengumpulan data, (2) Kondensasi data, (3) penyajian data dan, (4) penarikan kesimpulan.Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Berdasarkan hasil kesimpulan adalah: 1). Peran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru bidang perencanaan program kegiatan pembelajaran di MTs Al Amiriyyah Blokagung yaitu: proses perencanaan pelatihan atau diklat dan pengembangan kinerja ke guru menfokuskan pada pengembangan kurikulum dan kegiatan KBM, serta mengembangkan kelengkapan perangkat rencana RRP, Prota, Promes, Silabus, melalui program supervisi kelas dan pelatihan guru atau diklat dan mengikuti kurikulum yang ada yaitu kurikulum 2013. 2). Peran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru bidang pelaksaan kegiatan pembelajaran di MTs Al Amiriyyah Blokagung yaitu: kepala madrasah pelaksanaakan program kegiatan untuk meningkatkan kemampuan melalui mengikuti beberapa Program Diklat dan mengikuti seminar bidang kurikulum, Kepala madrasah memberikan motivasi dengan melakukan memberi pengarahan kegaiatan supervisi kelas dan mengecek perangkat KBM demi meningkatkan kinerja guru. 3). Peran kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan kinerja guru bidang evaluasi kegiatan pembelajaran di MTs Al Amiriyyah Blokagung yaitu: Kepala madrasah melakukan evaluasi dengan cara melakukan penilaian kinerja terhadap seluruh guru di MTs Al Amiriyyah yang dilakukan setiap akhir semester. Kemudian memberikan masukan apabila terdapat kesalahan atau kekurangan sesuai dengan kriteria yang diharapkan dan memberikan solusi bila ada hambatan-hambatan yang dirasa oleh guru,Kepala madrasah untuk selalu memberikan dorongan, motivasi dan bimbingan dan terhadap bawahannya melaksanakan kinerja guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 17 Nov 2022 04:07
Last Modified: 17 Nov 2022 04:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15074

Actions (login required)

View Item View Item