Keputusan Pembelian Harian Jawa Pos Radar Jember pada Santri Pondok Pesantren Mabdaul Maarif dan Pondok Pesantren Darul Muqomah Jember

ADI PERMANA, MUHAMMAD FAIZIN (2021) Keputusan Pembelian Harian Jawa Pos Radar Jember pada Santri Pondok Pesantren Mabdaul Maarif dan Pondok Pesantren Darul Muqomah Jember. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
MUHAMMAD FAIZIN ADI PERMANA_0839217026.pdf - Submitted Version

Download (8MB)

Abstract

Koran Jawa Pos Radar Jember sebagai media cetak nasional yang memiliki sistem kebiroan di daerah, menggunakan beberapa strategi untuk mempertahankan pembacanya. Terdapat beberapa strategi marketing agar koran ini mampu bertahan di tengah perkembangan media online. Diantaranya melalui strategi brand image, brand trust, harga dan lokalitas pemberitaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa sejauh mana strategi tersebut berhasil membuat pembacanya tetap setia pada media cetak Jawa Pos Radar Jember. Penelitian berfokus di sampel 2 pondok pesantren yang selama ini sering menjadi mitra kerjasama kegiatan promosi Jawa Pos Radar Jember. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan nilai brand image berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Koran Jawa Pos Radar Jember pada santri pondok pesantren Mabdaul Maarif dan pondok pesantren Darul Muqomah Jember, dengan nilai signifikansi 0,002 > 0,05. Sedangkan brand trust berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Koran Jawa Pos Radar Jemberi pada santri pondok pesantren Mabdaul Maarif dan pondok pesantren Darul Muqomah Jember, dengan nilai signifikansi 0,010 < 0,05. Adapun harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian Koran Jawa Pos Radar Jemberi pada santri pondok pesantren Mabdaul Maarif dan pondok pesantren Darul Muqomah Jember, dengan nilai signifikansi 0,045 < 0,05. Sedangkan lokalitas pemberitaan tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian Koran Jawa Pos Radar Jemberi pada santri pondok pesantren Mabdaul Maarif dan pondok pesantren Darul Muqomah Jember, dengan nilai signifikansi 0,9 50 > 0,05. Adapun pengaruh secara simultan variabel brand image, brand trust, harag, dan lokalitas pmeberitaan terhadap keputusan pembelian. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel atau 17,465 > 2,31 dan sig 0,000a < 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 17 Nov 2022 04:07
Last Modified: 17 Nov 2022 04:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15075

Actions (login required)

View Item View Item