Pembelajaran Metode Qur'ani Sidogiri Cara Cepat Belajar Membaca Al-qur'an Di Pondok Pesantren Darul Ulum Assurur Sidomulyo Silo Jember Tahun 2022/2023

Afid Nur, Hafid (0017) Pembelajaran Metode Qur'ani Sidogiri Cara Cepat Belajar Membaca Al-qur'an Di Pondok Pesantren Darul Ulum Assurur Sidomulyo Silo Jember Tahun 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Afid Nur Hafid T20181455.pdf

Download (2MB)

Abstract

Afid Nur Hafid, 2022: Pembelajaran Metode Qur'ani Sidogiri Cara Cepat Belajar Membaca Al-Qur'an Di Pondok Pesantren. Darul Ulum Assurur Sidomulyo Silo Jember Tahun 2022/2023.
Kata Kunci: Metode Qur’ani Sidogiri, Cara Cepat Belajar Membaca Al-Qur’an, Pondok, Pesantren Darul Ulum Assurur Sidomulyo Silo Jember
Pembelajaran Al-Qur’an merupakan pendidikan yang sangat penting yang harus dilakukan oleh setiap insan yang beragama islam. Karena Al-Qur’an merupakan sumber utama dalam ajaran agama islam. Pada zaman ini pembelajaran Al-Qur’an sudah dipermudah dengan banyaknya metode cepat belajar Al-Qur’an, salah satu diantaranya adalah Metode Qur’ani Sidogiri.
Fokus penelitian yang diteliti pada skripsi ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran Metode Qur'ani Sidogiri dengan cara cepat belajar membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darul Ulum Assurur Sidomulyo Silo Jember Tahun 2022/2023?
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaiamana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran Metode Qur'ani Sidogiri dengan cara cepat belajar membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darul Ulum Assurur Sidomulyo Silo Jember Tahun 2022/2023.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data: 1) Wawancara tidak terstruktur, 2) observasi nonpartisipan dan 3) dokumentasi. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan dua jenis Triangulasi yaitu: 1) Triangulasi sumber 2) Triangulasi metode
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa pembelajaran Metode Qur’ani Sidogiri dalam membaca Al-Qur’an yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi 1) Perencanaan pembelajaran di Pondok pesantren Darul ulum assurur sudah dipermudah dengan adanya buku panduan penyelenggaraan pengelolaan Metode Qur’ani Sidogiri. 2) Pelaksanaan sudah sesuai dengan buku panduan penyelenggaraan pengelolaan Metode Qur’ani Sidogiri yaitu a) Pembukaan b) Klasikal c) Privat/Individual d) Klasikal II e) Penutup. 3) Evaluasi pembelajarannya sudah sesuai buku panduan penyelenggaraan pengelolaan Metode Qur’ani Sidogiri yaitu dengan tiga cara a) Tashih kenaikan jilid b) Tashih akhir mutaallim c) Tashih muallim. Untuk evaluasi kenaikan jilid pondok pesantren melakukan tes sendiri yang dilakukan oleh guru dari dalam pondok pesantren. Sedangkan untuk evaluasi akhir, pondok pesantren darul ulum assurur mengikuti tes yang diadakan oleh tim penguji metode qur’ani sidogiri kabupaten.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130107 Te Whariki (Maori Early Childhood Education)
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1903 Journalism and Professional Writing > 190301 Journalism Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: AFID NUR HAFID
Date Deposited: 17 Nov 2022 07:43
Last Modified: 17 Nov 2022 07:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15090

Actions (login required)

View Item View Item