Kepemimpinan K.H. Achmad Sadid Djauhari Dalam Inovasi Pendidikan Di Pondok Pesantren Assunniyyah Kencong Jember

HARTONO, RIADI (2021) Kepemimpinan K.H. Achmad Sadid Djauhari Dalam Inovasi Pendidikan Di Pondok Pesantren Assunniyyah Kencong Jember. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
RIADI HARTONO_0849118052.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

kepemimpian kyai menjadi ujung tombak dari pondok pesantren. Sebagai pemimpin berfungsi untuk memastikan seluruh tugas dan kewajiban dilaksanakan di dalam suatu lembaga pendidikan. Seorang pemimpin mempunyai amanah dan harus mampu membawa perubahan, karena perubahan adalah tujuan pokok dari kepemimpinan Pondok pesantren lahir sebagai perwujudan dari dua keinginan yang bertemu. Keinginan orang yang menimba ilmu sebagai bekal hidup (santri) dan keinginan orang yang secara ikhlash mengajarkan ilmu dan pengalamannya kepada umat (Kyai). Fokus Penelitian : 1), Bagaimana inisiatif KH. Achmad Sadid Jauhari dalam inovasi pembelajaran di Pondok Pesantren Assunniyyah Kencong Jember? 2). Bagaimana KH. Achmad Sadid Jauhari dalam pengembangan sumber daya manusia di Pondok Pesantren Assunniyyah Kencong Jember? 3). Bagaimana terobosan yang dilakukan oleh KH. Achmad Sadid Jauhari dalam pengembangan sarana prasarana di Pondok Pesantren Assunniyyah Kencong Jember? Tujuan penelitian : 1). Mendeskripsikan inisiatif KH. Achmad Sadid Jauhari dalam inovasi pembelajaran di Pondok Pesantren Assunniyyah Kencong Jember. 2). Mendeskripsikan Bagaimana KH. Achmad Sadid Jauhari dalam pengembangan sumber daya manusia di Pondok Pesantren Assunniyyah Kencong Jember. 3). Mendeskripsikan bentuk terobosan yang dilakukan oleh KH. Achmad Sadid Jauhari dalam pengembangan sarana prasarana di Pondok Pesantren Assunniyyah Kencong Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenisnya (field reserach). Teknik pengumpulan data dengan cara : (1) Observasi semi partisipan, (2) Wawancara semi terstruktur, dan (3) dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model intraktif Miles Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah : (1) pengumpulan data, (2) Kondensasi data, (3) penyajian data dan, (4) penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi dan member chek. Triangulasi yang digunakan ada tiga yaitu triangulasi sumber, triangulasi metode Hasil Penelitian : 1). Dalam tujuannya sebagai salah satu Pondok Pesantren yang mencetak santri yang tafaqquh fiddin, maka berbagai macam inovasi kurikulum yang dilakukan adalah dalam rangka memperkaya dan sebagai dukungan tertentu bagi pesantren kaitannya dalam proses transmisi khazanah ilmu pengetahuan agama Islam di Pondok Pesantren Assunniyyah. Pembelajaran kitab kuning pada pondok pesantren Assunniyyah dilaksanakan melalui dua bentuk yaitu system Ma’hadiyah dan Madrasiyah, Ma’hadiyah adalah pembelajaran kitab kuning yang diprogram oleh pesantren, sedangkan madrasiyah adalah pembelajaran kitab kuning yang dilaksanakan di Madrasah Diniyah. 2). Faktor yang mendorong KH. Achmad Sadid Jauhari dalam pengembangan sumber daya manusia di Pondok Pesantren Assunniyyah Kencong Jember adalah untuk mencetak generasi yang tafaqquh fiddin, dengan tujuan dapat memberikan pengetahuan dan wawasan tentang tugas dan peran yang harus dijalankan, serta sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Pondok Pesantren Assunniyyah, sehingga pesantren dapat tetap eksis di tengah-tengah masyarakat. Perekrutan guru-guru untuk madrasah diambil dari santri senior yang lulus dari madrasah assunniyyah yang tentunya sudah kompeten dibidangnya, selain itu juga mengangkat guru dari luar, yaitu para santri atau alumni yang pernah menempuh belajar ditimur tengah, seperti alumni yaman, makkah dan lain – lain 3). Terobosan yang dilakukan oleh KH. Achmad Sadid Jauhari dalam pengembangan sarana prasarana dilakukan secara menyeluruh dan bertahap sesuai dengan kebutuhan pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam. Hal tersebut dapat terlihat dari berbagai pembangunan dan penambahan serta pengrehaban gedung-gedung yang berada di lingkungan pesantren dalam rangka kepentingan pendidikan bagi santri Pondok Pesantren Assunniyyah.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 17 Nov 2022 06:59
Last Modified: 17 Nov 2022 06:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15091

Actions (login required)

View Item View Item