STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS DALAM MENINGKATKAN CITRA POSITIF PEMERINTAHAN DESA BAGOREJO KECAMATAN SRONO KABUPATEN BANYUWANGI

Edy, Maskhuri (2022) STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS DALAM MENINGKATKAN CITRA POSITIF PEMERINTAHAN DESA BAGOREJO KECAMATAN SRONO KABUPATEN BANYUWANGI. Undergraduate thesis, universitas islam negeri kiai haji achmad siddiq jember.

[img] Text
EDY MASKHURI_D20181004.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi karena untuk mengetahui bagaimana citra yang dimiliki oleh Pemerintah Desa Bagorejo, untuk menganalisis strategi komunikasi apa yang digunakan Humas dalam meningkatkan citra positif Pemerintahan Desa Bagorejo dan untuk menganalisis apa hambatan dan upaya yang dapat mempengaruhi citra yang dimiliki oleh Pemerintah Desa Bagorejo. Karena dalam pemerintahan Desa Bagorejo dulu kurang adanya kontribusi kepada masyarakat dalam artian ketika masyarakat sedang melakukan suatu kegiatan di Desa Bagorejo itu sendiri, pemerintahan Desa Bagorejo kurang adanya dukunga, sehingga masyarakat menganggap bahwa pemerintahan kurang andil dalam kegiatan yang adakan oleh masyakarat Desa Bagorejo itu sendiri. Maka dari itu peneliti ingin mengetahui permasalahan yang ada di Desa Bagorejo tersebut.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi komunikasi Humas Desa Bagorejo dalam mengembangkan citra positif Desa Bagorejo?, 2) Apa saja hambatan dan upaya yang dilakukan humas desa Bagorejo dalam meningkatkan citra positif Desa Bagorejo?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan strategi komunikasi humas desa bagorejo dalam mengembangkan citra positif Desa Bagorejo. 2) Untuk mendeskripsikan hambatan dan yang dihadapi humas Desa Bagorejo dalam mengembangkan citra positif Desa Bagorejo.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik
Hasil dari kesimpulan penelitian ini adalah: Humas Desa Bagorejo sangat memanfaatkan media massa untuk meningkatkan citra positif desa dan juga saling bekerjasama dengan masyarakat Desa Bagorejo, selain memanfaatkan sosial media pemerintahan Desa Bagorejo juga menggunakan sistem pendekatan melalui kelompok-kelompok yang ada di desa bagorejo dan juga melakukan sosialisasi, selain bersosialisasi kepada masyarakat pemerintah juga mengadakan anjangsana guna untuk menyampaikan informasi dan program yang ada di Desa Bagorejo. Pemerintah juga memanfaatkan program dari Kabupaten Banyuwangi dengan istilah “KANGGO RIKO” yang mana program tersebut sangat membantu dalam meningkatkan citra positif Desa Bagorejo. Meskipun humas mendapatkan respon yang sangat baik dari masyarakat akan tetapi ada hambatan dalam meningkatkan citra positif desa yang mana hambatan tersebut kurangnya perhatian dari sebagian masyarakat, maka dari itu untuk solusinya selalu mengedepankan mediasi atau bekerjasama dan juga diskusi bersama sebelum terjun langsung ke lapangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr Edy Maskuri
Date Deposited: 25 Nov 2022 08:01
Last Modified: 25 Nov 2022 08:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15092

Actions (login required)

View Item View Item