Implementasi Pendidikan Life Skill Dalam Menumbuhkan Kemandirian Santri Di Pondok Pesantren Maqna ul Ulum Sukowono jember

RISKA, HA (2020) Implementasi Pendidikan Life Skill Dalam Menumbuhkan Kemandirian Santri Di Pondok Pesantren Maqna ul Ulum Sukowono jember. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
HARISKA_0849318050.pdf - Submitted Version

Download (8MB)

Abstract

Di era globalisasi dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pondok pesantren mau tidak mau harus meningkatkan kualitas pendidikannya baik di bidang keagamaan, akademik maupun keterampilan hidup, sehingga pondok pesantren akan tetap kokoh berdiri tegap dan bisa mengikuti perkembangan dan kebutuhan zaman. Sebab pendidikan merupakan bekal mendasar bagi individu-individu hidup bermasyarakat. Fokus Penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi pendidikan academic skill dalam Menumbuhkan Kemandirian Santri Di Pondok Sukowono Jember? 2) Bagaimana implementasi pendidikan vocational skill dalam Menumbuhkan Kemandirian Santri Di Pondok Sukowono Jember ? Tujuan penelitian 1) Mendeskripsikan tentang implementasi pendidikan academic skill dalam Menumbuhkan Kemandirian Santri Sukowono Jember? 2) Mendeskripsikan tentang implementasi pendidikan vocational skill dalam Menumbuhkan Kemandirian Santri Di Pondok Pesantren Sukowono Jember ? Metode penelitian dalam penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data analisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Uji keabsahan data dalam penelitian ini meliputi Triangulasi Sumber, Triangulasi Teknik. Hasil penelitian menyatakan bahwa 1) Implementasi pendidikan academic skill dalam Menumbuhkan Kemandirian Santri di Pondok Pesantren Sukowono Jember dirasakan signifikan dan bernilai sangat positif bagi santri. Dari banyaknya alumni yang sudah lulus dari Pondok Pesantren yang diikutinya ketika masih di Pondok Pe Sukowono. 2) Implementasi pendidikan vocational skill dalam Menumbuhkan Kemandirian Santri d Sukowono Jember dirasakan signifikan dan bernilai sangat positif bagi santri yang mengikuti program life skill terutama pendidikan vocational skill.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 17 Nov 2022 06:54
Last Modified: 17 Nov 2022 06:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15095

Actions (login required)

View Item View Item