Penanaman Nilai-Nilai Multikultural dalam Membentuk Akhlak siswa Di MTs Negeri 7 Jember

SUUD, M. FATKHIS (2021) Penanaman Nilai-Nilai Multikultural dalam Membentuk Akhlak siswa Di MTs Negeri 7 Jember. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
M. FATKHIS SUUD_0849317028.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan multikultural merupakan pendidikan yang memberikan peluang sama pada seluruh anak bangsa tanpa membedakan perlakuan karena perbedaan-perbedaan etnik, budaya dan agama serta menghendaki penghormatan dan penghargaan manusia setinggi-tingginya terhadap harkat dan martabat manusia dari manapun latar belakang budaya, dalam konteks Indonesia yang sarat dengan kemajemukan, pendidikan ini memiliki peran sangat strategis untuk dapat mengelola kemajemukan tersebut secara kreatif. Dalam konteks ini institusi sekolah bisa memberikan pengaruh perubahan akhlak bagi siswa yang multikultural. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 7 Jember dengan pertimbangan bahwa kondisi wilayah dan struktur sosial dimana sekolah ini berada. Sekolah ini berlokasi di desa Umbulrejo kecamatan Umbulsari suatu daerah yang terletak dilingkungan pedesaan dengan tingkat keberagaman cukup tinggi antara dua suku yaitu Madura dan Jawa. Penelitian ini dalam tiga fokus sebagai berikut: (1) Bagaimana penanaman nilainilai demokratis dalam membentuk akhlak siswa di MTs Negeri 7 Jember. (2) Bagaimana penanaman nilai-nilai humanis dalam membentuk akhlak siswa di MTs Negeri 7 Jember. (3) Bagaimana penanaman nilai-nilai pluralis dalam membentuk akhlak siswa di MTs Negeri 7 Jember? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berjenis penelitian lapangan yang dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan (1) Observasi, (2) Wawancara mendalam, (3) Dokumentasi. Dalam penelitian ini penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan model intraktif Miles, Huberman dan Saldana, yaitu : pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan verifikasi/kesimpulan. Dalam uji keabsahaan data, peneliti menggunakan triangulasi, yaitu trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Dalam penelitian ini peneliti menemukan berbagai Penanaman Nilai-Nilai Multikultural dalam Membentuk Akhlak siswa di MTs Negeri 7 Jember yaitu; Pertama, Kepala sekolah memberikan arahan kepada para guru MTs Negeri 7 Jember untuk memberikan pemahaman makna nilai-nilai demokratis dalam beragama, melaksanakan pemilihan OSIM sebagai wujud demokrasi di kalangan siswa, terpenuhinya akan tenaga pendidik pada setiap bidang pelajaran pendidikan agama dan guru menjadi teladan bagi para siswa MTs Negeri 7 Jember. Kedua Penanaman nilai-nilai humanis dalam membentuk akhlak siswa di MTs Negeri 7 Jember dengan beberapa cara diantaranya adalah : menanamkan rasa peduli (humanis) kepada siswa dan mengadakan kegiatan jumat sehat, jumat beriman dan jumat ibadah. Ketiga. Penanaman nilai-nilai humanis dalam membentuk akhlak siswa di MTs Negeri 7 Jember dengan beberapa cara di antaranya adalah : Memberikan pemahaman kepada siswa akan makna pluralitas beragama, dan Menanamkan nilai- nilai plural melalui mata pelajaran atau proses belajar mengajar di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 17 Nov 2022 06:59
Last Modified: 17 Nov 2022 06:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15096

Actions (login required)

View Item View Item